Ad Code

Negara-negara Kawasan Amerika Selatan Latin Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka

Negara-negara kawasan Amerika Latin (Selatan) bentuk negara dan sistem pemerintahan mereka ini menyelidiki secara garis besar luas wilayah, jenis kekuasaan, bentuk negara, sistem pemerintahan dan sifat parlemen di negara-negara yang masuk ke dalam kategori Amerika Selatan menurut WorldAtlas.com. Negara-negara di kawasan ini terdiri atas Venezuela, Argentina, Brazil, Uruguay, Paraguay, Chile, Peru, Suriname, Kolombia, Guyana, Ekuador, dan Bolivia.


 Sumber Peta: https://mapswire.com/south-america/political-maps/
 

Argentina

Nama resmi: Argentine Republic. 
Ibukota: Buenos Aires.
Bahasa resmiSpanyol (resmi), Italia, Inggris, Jerman, Perancis, dan asli (Mapudungun dan Quechua)
Luas:  2.791.810 km2.
Penduduk: 42.610.981 (taksiran Juli 2013).
Etnis: White (utamanya Spanyol dan Italia) 97%; Mestizo (campuran Amerindian dengan White), Amerindian, dan non White lainnya 3%.
AgamaKatolik Roma abangan 92% (hanya < 20% yang devoted), Protestan 2%, Yahudi 2%, lainnya 4%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Federasi. Argentina terdiri atas 24 propinsi dan 1 distrik federal (Buenos Aires). Sebagian propinsi telah terbentuk sebelum berdirinya Argentina, sebagian lainnya di abad ke-20. Argentina terdiri atas 23 propinsi (provincias) dan 1 kota otonom. Ke-23 propinsinya adalah: (1) Buenos Aires, (2) Catamarca, (3) Chaco, (4) Chubut, (5) Cordoba, (6) Corrientes, (7) Entre Rios, (8) Formosa, (9) Jujuy, (10) La Pampa, (11) La Rioja, (12) Mendoza, (13) Misiones, (14) Neuquen, (15) Rio Negro, (16) Salta, (17) San Juan, (18) San Luis, (19) Santa Cruz, (20) Santa Fe, (21) Santiago del Estero, (22) Tierra del Fuego, (23) Antartida e Islas del Atlantico Sur, dan (23) Tucuman. Sementara 1 kota otonomnya adalah Ciudad Autonoma de Buenos Aires.
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden mengangkat menteri-menteri untuk duduk di kabinet. Seorang di antara mereka menjadi "kepala kabinet" yang fungsi utamanya selaku penyelenggara administrasi umum negara. Presiden dapat mengangkat menteri tanpa pertimbangan kabinet (presidensil). Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam 1 paket dan masa baktinya 4 tahun. 
Parlemen: Bikameral (Nama parlemennya Congreso Nacional, terdiri atas: Chamber of Deputies + Senate). Kini terdapat 257 anggota Chamber of Deputies yang masing-masing dipilih dari 24 propinsi dan 1 distrik federal serta seluruhnya dipilih lewat Pemilu langsung. Anggota Senate adalah 3 orang per tiap-tiap propinsi dan 3 orang per distrik federal (kini sekitar 72 orang).
  • Argentina berdiri tanggal 25 Mei 1810 setelah Imperium Spanyol di Amerika pecah pada abad ke-19 dan Argentina memisahkan diri. Secara formal, dekralarasi kemerdekaan dilakukan 9 Juli 1816. Sejumlah kota Argentina saat pertama kali berdiri menjadi embrio lahirnya Uruguay, Paraguay, dan Bolivia di masa mendatang. 
  • Argentina menganut sistem multipartai dengan adanya sejumlah partai seperti Justicia (didirikan Juan Peron tahun 1946), Union Civica Radical (berdiri 1891). Justicia adalah partai dominan di Argentina, sementara partai-partai lokal di negara bagian cenderung mengikuti garis partai tingkat pusat. 
  • Dalam hal kewarganegaraan, Argentina menganut Ius Soli, dengan demikian siapapun yang lahir di Argentina otomatis memperoleh kewarganegaraan Argentina. 

Bolivia

Nama resmi: Republic of Bolivia [Estado Plurinacional de Bolivia]
Ibukota: La Paz.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi) 60,7%, Quechua (resmi) 21,2%, Aymara (resmi) 14.6%, asing lainnya 2,4%, lainnya 1,2% 
Luas: 1.098.580 km2.
Penduduk10.461.053 (taksiran Juli 2013)
EtnisQuechua 30%, Mestizo (campuran White dengan Amerindian) 30%, Aymara 25%, White 15%
Agama: Katolik Roma 95%, Protestan (Evangelis dan Methodis) 5%
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Bolivia terbagi atas 9 departemen (departementos). Pejabat senior tiap-tiap departemen diangkat oleh pemerintah pusat. Kini, setiap departemen mulai memperoleh otonomi yang lebih besar. Ke-9 departementos Bolivia adalah: (1) Beni, (2) Chuquisaca, (3) Cochabamba, (4) La Paz, (5) Oruro, (6) Pando, (7) Potosi, (8) Santa Cruz, dan (9) Tarija
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden adalah kepala negara. Presiden mengangkat dan memberhentikan para menteri. 
Parlemen: Bikameral (Nama parlemennya Asamblea Legislativa Plurinacional terdiri atas Camara de Diputados + Camara de Senadores). Camara de Diputados terdiri atas 130 kursi untuk masa bakti 5 tahun, dengan mana 70 dipilih langsung dari setiap distrik, 7 dipilih dari distrik berpenduduk asli, dan 53 plurinomial dipilih lewat party list system. Camara de Senadores terdiri atas 36 kursi, dengan mana anggotanya dipilih lewat sistem party list untuk masa bakti 5 tahun.
  • Bolivia berdiri tanggal 6 Agustus 1825 setelah merdeka dari Spanyol. Saat Argentina merdeka dari Spanyol tahun 1810 Audiencia de Charcas (koloni Spayol yang diperintah oleh dewan regional disebut audiencias yang dikombinasikan dengan kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif) ditransfer pengelolaannya kepada viceroyalty Spanyol yang berlokasi di Peru. Audiencia de Charca lantas jadi medan tempur antara kaum Republikan Argentina melawan tentara Royalis Spanyol yang berbasis di Peru. Akhirnya Antonio Jose de Sucre, atas perintah Simon Bolivar, mengalahkan garnisun terakhir Spanyol. Status Peru Atas (di mana Bolivia terletak) adalah isu rumit karena melibatkan kepentingan lokal Argentina dan Peru. Sucre lalu memanggil Asamblea Deliberante (semacam dewan umum) lalu mendeklarasikan kemerdekaan provinsi Peru Atas tersebut dengan nama Republica Bolivar, dan tahun 1825 berubah nama menjadi Bolivia. 
  • Sistem kepartaian Bolivia sudah beralih dari multipartai terpolarisasi menjadi multipartai moderat. Tidak ada partai dominan tunggal. 
 

Brazil

Nama resmi: Federal Republic of Brazil [Republica Federativa do Brasil]
Ibukota: Brasilia.
Bahasa resmi: Portugis
Luas:  8.514.215 km2.
Penduduk201.009.622 
EtnisWhite 53,7%, Mulatto (campuran White dengan Black) 8,5%, Black 6,2%, lainnya (termasuk Jepang, Arab, Amerindian) 0,9%, tidak spesifik 0,7%.
AgamaKatolik Roma (abangan) 73,6%, Protestan 15,4%, Spiritualis 1,3%, Bantu/Voodoo 0,3%, lainnya 1,8%, tidak spesifik 0,2%, tidak beragama 7,4%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Federasi. Brasil terdiri atas 27 negara bagian, termasuk distrik ibukota (distrito federal), Brasilia. Ke-26 negara bagian (estados) Brazil adalah: Acre, Alagoas, Amapa, Amazonas, Bahia, Ceara, Espirito Santo, Goias, Maranhao, Mato Grosso, Mato Grosso do Sul, Minas Gerais, Para, Paraiba, Parana, Pernambuco, Piaui, Rio de Janeiro, Rio Grande do Norte, Rio Grande do Sul, Rondonia, Roraima, Santa Catarina, Sao Paulo, Sergipe, dan. Tocantins. Sementara itu, 1 distrik federalnya adalah Distrito Federal. 
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden memilih dan memberhentikan menteri-menteri.
Parlemen: Bikameral (Camara dos Deputados + Senado Federal). Anggota Camara dos Deputados adalah maksimal 70 orang per negara bagian dan distrik federal. Senado Federal terdiri atas 3 orang wakil dari tiap-tiap negara bagian dan distrik federal termasuk 2 orang sebagai penggantinya (cadangan).
  • Brazil memproklamasikan kemerdekaannya dari Portugis tanggal 7 September 1822, setelah menjadi koloni Portugis sejak tahun 1500. Proklamasi dilakukan oleh Putra Mahkota Dom Pedro I. Dom Pedro melakukan ini setelah Napoleon menginvasi Portugal, dan banyak keluarga kerajaan mengungsi ke wilayah ini dengan ibukota imperium di Rio de Janeiro. Jenis kekuasaan Brazil yang pertama kali adalah Monarki Herediter Konstitusional yang diumumkan Dom Pedro tahun 1824. Dalam konstitusi tersebut, Katolik Roma adalah agama resmi negara. Monarki yang dibentuk Dom Pedro bertahan selama 77 tahun untuk kemudian kolaps akibat adanya gerakan penghapusan perbudakan tahun 1888. Muncul gagasan Republikan dari kaum muda Brazil hingga diproklamasikannya Republik Federasi tanggal 15 November 1889, dan tahun 1891 konstitusi pertama Republik Federasi Brazil diumumkan.
  • Sistem kepartaian Brazil adalah multipartai. 
 

Chile

Nama resmi: Republic of Chile. [Republica de Chile]
Ibukota: Santiago.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi), Mapudungun, Jerman, dan Inggris. 
Luas:  756.950 km2.
Penduduk: 17.216.945 orang. 
Etnis: White dan White-Amerindian 95,4%, Mapuche 4%, kelompok asli lainnya 0,6%. 
Agama: Katolik Roma 70%, Evangelis 15,1%, Saksi Yehova 1,1%, Kristen lainnya 1%, lainnya 4,6%, tidak beragama 8,3%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Chile terdiri atas 15 region yang masing-masing dipimpin oleh pemerintahan regional yang di dalam konstitusi dijalankan secara desentralisasi. Secara administratif, Chile terdiri atas 15 region (regiones) yaitu: (1) Aisen del General Carlos Ibanez del Campo, (2) Antofagasta, (3) Araucania, (4) Arica y Parinacota, (5) Atacama, (6) Biobio, (7) Coquimbo, (8) Libertador General Bernardo O'Higgins, (9) Los Lagos, (10) Los Rios, (11) Magallanes y de la Antartica Chilena, (12) Maule, (13) Region Metropolitana (Santiago), (14) Tarapaca, dan (15) Valparaiso. Eksekutif pemerintahan regional dipimpin oleh seorang Intendant yang diangkat oleh pemerintah pusat.
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri.
Parlemen: Bikameral. Parlemen Chile yaitu Congreso Nacional terdiri atas Senat (Senado) dan Chamber of Deputies (Camara de Diputados). Senado terdiri atas 38 kursi, dengan mana anggotanya dipilih lewat Pemilu untuk masa bakti 8 tahun (setengahnya dipilih setiap 4 tahun). Camara de Diputados terdiri atas 120 kursi, dengan mana anggotanya dipilih lewat Pemilu untuk masa bakti 4 tahun.
  • Berdirinya Chile sebagai negara merdeka dari penjajahan Spanyol diawali penangkapan Ferdinand VII (raja Spanyol) oleh Napoleon, kaisar Perancis. Setelahnya, Chile menjadi medan pertempuran antara kaum pro Spanyol dan pro kemerdekaan tetapi tetap menjalin hubungan dengna monarki. Antara tahun 1810 hingga 1814, para pendukung otonomi mengendalikan pemerintahan, suatu periode yang disebut Patria Vieja dengan mana 3 konstitusi utama diterima yaitu konstitusi 1811, 1812, dan 1814. Tahun 1814 pendukung monarki memperoleh kekuasaan. Publik bereaksi dengan memaklumatkan kemerdekaan dan akhirnya kaum royalis (pendukung Spanyol) dikalahkan dalam Pertempuran Maipu pada bulan April 1814. 
  • Sistem kepartaian Chile telah mapan, yaitu sistem pluralistik. Dari 6 partai utama, 5 memiliki akar dari tahun 1920-an. 
 

Ekuador

Nama resmi: Ekuador. [Republica del Equador]
Ibukota: Quito.
Bahasa resmi: Spanyol, Quachua, Shuar. 
Luas: 283.560  km2.
Penduduk: 14.439.429 orang. 
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian dengan white) 71,9%, Montubio 7,4%, AfroEkuador 7,2%, Amerindian 7%, white 6,1%, lainnya 0,4%.
Agama: Katolik Roma 95%, lainnya 5%. 
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Ekuador terdiri atas 24 propinsi (provincias) yaitu: Azuay, Bolivar, Canar, Carchi, Chimborazo, Cotopaxi, El Oro, Esmeraldas, Galapagos, Guayas, Imbabura, Loja, Los Rios, Manabi, Morona-Santiago, Napo, Orellana, Pastaza, Pichincha, Santa Elena, Santo Domingo de los Tsachilas, Sucumbios, Tungurahua, dan Zamora-Chinchipe.
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden mengangkat dan memberhentikan anggota kabinet. 
Parlemen: Unikameral yaitu National Congress atau Asamblea Nacional.  Parlemen terdiri atas 124 kursi, dengan mana anggota dipilih lewat sistem pemilu proporsional varian party-list. Masa bakti tugas 4 tahun.
  • Kisah mengenai Ekuador diawali tahun 1563 saat Real Audiencia de Quito didirikan. Real adalah suatu administrasi yang bergantung pada Monarki Spanyol. Wilayahnya meliputi yang saat ini menjadi wilayah Ekuador. Upaya pemerdekaan Ekuador terjadi pada tanggal 10 Agustus 1809, tetapi tidak memperoleh dukungan teritori lain di Ekuador. Akhirnya 100 revolusioner dibantai oleh pasukan Spanyol. Kemerdekaan secara lebih utuh terjadi tahun 1822, yang disusul bergabungnya tiga kota penting Ekuador (Quito, Guayaquil, dan Cuenca) ke dalam Gran Colombia, suatu proyek yang dibentuk Simon Bolivar yang bertujuan menggabungkan seluruh teritori Amerika Selatan ke dalam satu negara. Proyek tersebut gagal, dan pada tanggal 13 Mei 1830 Ekuador memproklamasikan kemerdekaannya. 
  • Sistem kepartaian Ekuador adalah multipartai yang terpolarisasi sehingga membuat konsensus politik sulit dibentuk. 

Guiana Perancis

  • Nama resmi: 
  • Luas:  
  • Jenis kekuasaan: 
  • Bentuk negara: 
  • Sistem pemerintahan: .
  • Parlemen: 

Guyana

Nama resmi: The Co-operative Republic of Guyana . 
Ibukota: Georgetown.
Bahasa resmi: Inggris, dialek Amerindian, Kreol, Karibia Hindustan, dan Urdu. 
Luas:  214.970 km2.
Penduduk: 739.903 orang. 
Etnis: India Timur 43,5%, Black (African) 30,2%, Campuran 16,7%, Amerindian 9,1%, lainnya 0,5%.
Agama: Protestan 30,% (Pantekosta 16,9%, Anglikan 6,9%, Advent Hari Ketujuh 5%, Methodis 1,7%), Hindu 28,4%, Katolik Roma 8,1%, Saksi Yehova 1,1%, Islam 7,2%, Kristen lainnya 17,7%, lainnya 4,3%, tidak beragama 4,3%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan (Sentralis). Guyana terbagi atas 10 distrik administratif. Terdapat pembangian kewenangan antara pusat dan daerah. Ke-10 distrik administratif (region) Guyana adalah: Barima-Waini, Cuyuni-Mazaruni, Demerara-Mahaica, East Berbice-Corentyne, Essequibo Islands-West Demerara, Mahaica-Berbice, Pomeroon-Supenaam, Potaro-Siparuni, Upper Demerara-Berbice, dan Upper Takutu-Upper Essequibo .
Sistem pemerintahan: Hybryd. Administrasi pemerintahan Guyana terdiri atas Presiden, Wakil Presiden, Perdana Menteri, dan Kabinet Kementerian. Kabinet diangkat oleh Presiden tetapi bertanggung jawab kepada Parlemen. 
Parlemen: Unikameral (National Assembly). Terdiri atas 65 anggota yang dipilih langsung lewat sistem proporsional. Masa bakti 5 tahun. 
  • Guyana adalah bekas koloni Inggris. Setelah lepas dari Inggris, Guyana bernama Co-operative Republic of Guyana yang didirikan tahun 1970, empat tahun setelah memperoleh kemerdekaan. Konstitusi awal Guyana adalah Co-operative Republic of Guyana Act 1980 yang bercirikan nilai-nilai Sosialisme dan konsentrasi kekuasaan di eksekutif. Tahun 1996 konstitusi tersebut diamandemen dengan tujuan penguatan peran parlemen, penciptaan komisi konstitusi, dan reformasi sistem pemilu. Guyana mengalami sengketa wilayah dengan Venezuela dan Suriname. 
  • Sistem kepartaian Guyana adala pluralistik. Partai-partai didirikan mengikuti garis etnis, sehingga Civic, sebuah partai yang merepresentasikan etnis Indo-Guyana, yaitu etnis terbesar, dapat memegang kekuasaan. 

Kolombia

Nama resmi: Republic of Colombia. [Republica de Colombia]
Ibukota: Bogota.
Bahasa resmi: Spanyol
Luas: 114.174   km2.
Penduduk: 45.785.743 orang.
Etnis: Mestizo 58%, White 20%, Mulatto 14%, Black 4%, Campuran Amerindian-Black 3%, dan Amerindian 1%.
Agama: Katolik Roma 90%, lainnya 10%. 
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Kolombia terbagi atas 32 departemen (departementos atau daerah tingkat II) dengan lebih dari 1.100 kabupaten yang administrasinya relatif otonom. Ke-32 departementos Kolombia adalah: Amazonas, Antioquia, Arauca, Atlantico, Bolivar, Boyaca, Caldas, Caqueta, Casanare, Cauca, Cesar, Choco, Cordoba, Cundinamarca, Guainia, Guaviare, Huila, La Guajira, Magdalena, Meta, Narino, Norte de Santander, Putumayo, Quindio, Risaralda, Archipielago de San Andres, Providencia y Santa Catalina (juga kerap disebut San Andres y Providencia), Santander, Sucre, Tolima, Valle del Cauca, Vaupes, dan Vichada. Sementara itu, 1 distrik ibukotanya adalah Bogota. 
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dapat mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri.
Parlemen: Bikameral (nama parlemennya Congreso terdiri atas Senates/Senados + Chamber of Representatives/Camara de Representantes). Anggota senados berjumlah 102 dengan mana 100 orang yang dipilih dalam pemilu nasional ditambah 2 senator yang dipilih mewakili komunitas-komunitas Indian. Anggota Camara de Representantes dipilih dari distrik teritorial yang kurang lebih totalnya 166 anggota dengan masa bakti 4 tahun. 
  • Selama kolonialisme Spanyol, Kolombia ada di bawah yuridiksi Audiencia del Nuevo Reino de Granada yang berlokasi di Santa Fe sejak tahun 1549 lalu beralih menjadi Virreinato de la Nueva Granada yang didirikan 1717, dihapus 1723, dan didirikan kembali 1739. Invasi Perancis atas Spanyol berpengaruh terhadap kolonialisme mereka di Amerika Latin, termasuk Kolombia. Tanggal 20 Juli 1810 didekralasikan kemerdekaan Kolombia. Populasi Kolombia terpecah menjadi dua, yaitu satu dipimpin Camilo Torres yang mempertahankan federalisme, lainnya oleh Antonio Narino aktivis HAM. Pada 1819-1830 Kolombia memasuk era  Gran Colombia. Venezuela dan Ekuador mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Gran Colombia. Gran Colombia kemudian terpecah. Setelah perpecahan ini, Kolombia memasuki era Nueva Granada yang berlangsung 1830 - 1858. Dari era ini, Kolombia memiliki konstitusi federal yang ditetapkan 1853. Periode lanjutannya adalah 1858-1886, yang ditandai oleh federalisme di mana Florentino Gonzales mendirikan negara federasi. Tahun 1860-1862, upaya revolusi oleh Tomas Cipriano Mosquera berhasil dan menghasilkan Pakta Union tahun 1861. Mosquera menjadi presiden. Tahun 183 konstitusi liberal diperkenalkan, dengan tidak disebutnya nama Tuhan, dihapuskannya hukuman mati, dan pembatasan jabatan presiden hanya 2 periode. Periode lanjutan Kolombia adalah sejak 1866 hingga saat ini. Cirinya adalah konstitusi kembali menetapkan Katolik sebagai agama resmi, dikuatkannya fungsi eksekutif, proteksi ekonomi. Hingga saat ini Kolombia terus bergulat dengan keberadaan kartel obat bius. 
  • Sebelumnya, Kolombia menganut sistem dua partai. Sejak berlakunya konstitusi 1991, Kolombia menganut multipartai. Akibatnya di Kolombia kini terdapat 70 partai yang aktif, mengakibatkan presiden kesulitan membangun koalisi mayoritas di Kongres. 

Paraguay

Nama resmi: Republic of Paraguay [Republica del Paraguay]
Ibukota: Asuncion.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi), Guarani. 
Luas:  406.750 km2.
Penduduk: 6.623.252 orang. 
Etnis: Mestizo (campuran Spanyol dengan Amerindian) 95%, lainnya 5%
Agama: Katolik Roma 89,6%, Protestan 6,2%, Kristen lainnya 1,1%, lainnya atau kurang spesifik  1,9%, tidak beragama 1,1% 
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Paraguay terbagi atas 17 departementos, kabupaten, dan ibukota Asuncion (ibukota independen, sendiri). Tiap departementos dikepalai seorang gubernur yang bertanggung jawab menerapkan kebijakan nasional Paraguay. Ke-17 departamentos Paraguay adalah: Alto Paraguay, Alto Parana, Amambay, Boqueron, Caaguazu, Caazapa, Canindeyu, Central, Concepcion, Cordillera, Guaira, Itapua, Misiones, Neembucu, Paraguari, Presidente Hayes, dan San Pedro. Sementara 1 departementos ibukota yaitu Asuncion. 
Sistem pemerintahan: Presidensil. Presiden sekaligus kepala negara dan kepala pemerintahan.
Parlemen: Bikameral (nama parlemennya Congeros Nacional terdiri atas Senates/Camara de Senadores + Chamber of Deputies/Camara de Diputados). Camara de Diputados sekurangnya terdiri atas 80 kursi yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat dalam pemilu dari setiap distrik pemilihan departementos. Camara de Senadores terdiri atas sekurangnya 45 anggota yang dipilih langsung rakyat dari tiap distrik pemilihan departementos.
  • Paraguay merdeka dari Spanyol tanggal 4 Mei 1811. Sejak itu Paraguay kerap menghadapi ancaman okupasi dari Argentina. Tahun 1813, diadakan kongres umum pertama yang diikuti 1000 wakil yang dapat dipilih oleh kaum lelaki yang punya hak pilih. Kongres juga memproklamasikan berdirinya Republik Paraguay, dengan Jose Gaspar Rodriguez de Francia sebagai konsul Paraguay pertama. Fulgencio Yegros melanjutkannya. Kongres umum 1814 memanggil de Francia sebagai diktator tertinggi republik dilanjutkan penobatannya sebagai diktator seumur hidup tahun 1816. Lewat kediktatorannya, de Francia berhasil membangun bangsa yang independen, aman, sejahtera, dan kuat. Tahun 1840 de Francia wafat tanpa pengganti, Paraguay ditandai hilir-mudik kekuasaan dari aneka junta dan konsul. Pada tanggal 25 November 1842, kemerdekaan kembali diratifikasi oleh kongres luar biasa. Dalam 1842 Indepencence Act ditegaskan Paraguay adalah negara Republik dengan hubungan kuat dengan Gereja Katolik. Selain itu jug terdapat pasal yang melarang atau mentoleransi agama lain ataupun kemerdekaan keyakinan dan ibadah. Dari Act ini, Carlos Antonio Lopez sebagai konsul pertama tahun 1841 dan presiden tahun 1844. Tanggal 15 Agustus 1954 Alfredo Stroessner (pahlawan Perang Chaco) mengambil alih kekuasaan yang terus ditandai perlawanan kelompok gerilya. Pada Agustus 1967 konstitusi baru diundangkan, memberikan Stroessner kekuasaan seumur hidup. Setelah 35 tahun berkuasa, terjadi kembali kudeta tahun 1989, dan demokratisasi dimulai di Paraguay. Pada 26 Juni 1992 berlaku konstitusi Paraguay saat ini yang berkomitmen atas nilai-nilai demokratis dan jaminan efektif atas HAM. Hubungan Gereja Katolik dan negara juga kembali independen. 
  • Sistem kepartaian Paraguay adalah pluralistik. 

Peru

Nama resmi: Republic of Peru. 
Ibukota: Lima.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi) 84,1%, Quechua (resmi) 13%, Aymara (resmi) 1,7%, Ashaninka 0,3%, bahasa asli lainnya (termasuk bahasa Amazon minor) 0,7%, lainnya 0,2%.
Luas:  1.285.220 km2.
Penduduk: 29.849.303 orang. 
Etnis: Amerindian 45%, mestizo (campuran Amerindian dengan White) 37%, White 15%, Black, Jepang, Cina, dan lainnya 3%. 
Agama: Katolik Roma 81,3%, Evangelis 12,5%, lainnya 3,3%, tidak spesifik atau tidak beragama  2,9%
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Administrasi Peru terbagi ke dalam region, departemen, propinsi, dan distrik yang pembagiannya mengikuti bekas kolonial Spanyol. Ke 25 region (regiones) Peru adalah:: Amazonas, Ancash, Apurimac, Arequipa, Ayacucho, Cajamarca, Callao, Cusco, Huancavelica, Huanuco, Ica, Junin, La Libertad, Lambayeque, Lima, Loreto, Madre de Dios, Moquegua, Pasco, Piura, Puno, San Martin, Tacna, Tumbes, dan Ucayali. Sementara 1 propinsinya adalah Lima. 
Sistem pemerintahan: Semi-Presidensil
Parlemen: Unikameral (Congreso de la Republica del Peru). Kongres terdiri atas 120 anggota yang dipilih lewat pemiilu langsung untuk masa bakti 5 tahun. 
  • Peru adalah negara bekas jajahan Spanyol. Peru awalnya adalah wilayah yang pernah dihadiri peradaban kuno berusia 7000 tahun seperti Chavin de Huantar, Chimz, Mochica, Paracas, dan Nazca, dan terakhir imperium Inca yang terbesar. Di tengah senja Imperium Inca, masuklah Spanyol dan menjajah Peru selama 400 tahun. Tanggal 28 Juli 1821 Peru mendeklarasikan kemerdekaannya. Tahun 1837-1839 Peru mekar menjadi Peru dan Bolivia. Tahun 1879 - 1892 terjadi Perang Pasifik antara Chile, Peru dan Bolivia. Saat ini Peru ditandai kekuasaan militer.   
  • Peru adalah negara yang ditandai dengan kepemimpinan dan tidak memiliki partai politik. Sistem kepartaian yang stabil sulit dibentuk di Peru. 

Suriname

Nama resmi: The Republic of Suriname [Republiek Suriname]
Ibukota: Paramaribo.
Bahasa resmi: Belanda (resmi), Inggris (secara luas digunakan), Sranang Tongo (bahasa Suriname, kadang disebut pula Taki-Taki, bahasa asli orang Kreol dan banyak kaum muda menjadikannya lingua-franca), Karibia-Hindustan (dialek India) dan Jawa.
Luas:  162.820 km2.
Penduduk: 566.846 orang
Etnis: Hindustan (juga secara lokal dikenal sebagai India Timur, moyangnya beremigrasi dari utara India akhir abad ke-19) 37%; Kreol (campuran White dengan Black) 31%; Jawa 15%; Maroon (moyang Afrika datang di abad ke-17 dan 18 sebagai budak yang lalu melarikan diri) 10%; Amerindian 2%; Cina 2%; White 1%; lainnya 2%.
Agama: Hindu 27,4%, Protestan 25,2% (terutama Moravia), Katolik Roma 22,8%, Islam 19,6%, kepercayaan lokal 5%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan (sentralis). Suriname terbagi atas 10 distrik administratif (distrikten), yaitu Brokopondo, Commewijne, Coronie, Marowijne, Nickerie, Para, Paramaribo, Saramacca, Sipaliwini, dan Wanica.
Sistem pemerintahan: Presidensil
Parlemen: Unikameral (Nationale Assemblee). Anggotanya ada 51 orang yang dipilih lewat Pemilu untuk masa bakti 5 tahun.
  • Suriname adalah wilayah bekas jajahan Belanda. Suriname muncul sebagai entitas politik tanggal 25 November 1975. Tanggal 13 Agustus 1980 konstitusi Suriname dibekukan akibat kudeta militer. Setelah mengalami turmoil, rezim militer kembali mengadakan pemilu bebas dan dipaksakan kembali konstitusi 1975 pada 30 September 1987. Setelah terjadi kudeta militer kedua yang memerintah tanggal 24 Desember 1990 dan 25 Mei 1991, konstitusi 1975 diamandemen tahun 1992 guna mengurangi kemungkinan militer merasuki otoritas pemerintahan. 
  • Selepas dari kudeta militer, Suriname ditandai oleh sistem kepartaian pluraritas. Partai politik Suriname didirikan berdasarkan garis etnis. 

Uruguay

Nama resmi: Uruguay [Republica Oriental del Uruguay]
Ibukota: Montevideo.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi), Portunol, Brazilero (campuran Portugis-Spanyol di perbatasan Brazil)
Luas:  176.220 km2.
Penduduk: 3.324.460 orang.
Etnis: White 88%, Mestizo 8%, Black 4%, Amerindian hampir tidak ada.
Agama: Katolik Roma 47,1%, Kristen non Katolik 11,1%, nondenominasi 23,2%, Yahudi 0,3%, Atheis atau Agnostik 17,2%, lainnya 1,1%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan (desentralis)
Sistem pemerintahan: Presidensil
Parlemen: Bikameral (Parlemennya bernama Asamblea General terdiri atas Senate/Camara de Senadores + Chamber of Deputies/Camara de Representantes). Camare de Senadores terdiri atas 50 kursi, masa tugas 5 tahun, dan wakil presiden punya 1 suara di kamar ini. Camara de Representantes terdiri atas 99 kursi, anggotanya dipilih lewat Pemilu untuk masa tugas 5 tahun. 
  • Uruguay adalah wilayah bekas jajahan Spanyol dan berdiri 25 Agustus 1825. Kemerdekaan Uruguay dari Spanyol sebenarnya diperoleh tahun 1811. Namun, Portugis lalu menginvasi pada 1816 dan setelah Brazil merdeka dari Portugal, Brazil memerintah Uruguay. Pemerintahan otentik Uruguay dimulai 1825 dan 1828. Tahun 1828 terdapat konvensi yang mengakhiri konflik bersenjata antara Argentina dan Brazil sekaligus memerdekakan teritori Banda Oriental (nama lama Uruguay). Pada 18 Juli 1830 konstitusi baru Uruguay terbentuk. Setelah itu Uruguay terganggu oleh aneka peristiwa: Perang Besar 1839 -1852 yang melibatkan sejumlah negara (Argentina, Inggris, Perancis, dan Italia), revolusi internal, kudeta, dan hilir mudiknya pemerintahan militer. Tahun 1904 terjadi perang sipil terakhir antara Colorado Party yang dipimpin Jose Battle y Ordonez melawan partai Nasional yang dipimpin caudillo bernama Aparicio Saravia. Saravia terbunuh kemudian konstitusi konvensi 1916 diberlakukan dan diratifikasi lewat referendum 1918. Saat ini yang berlaku di Uruguay adalah konstitusi 1966. 
  • Uruguay menerapkan sitem pluralistik dalam kepartaiannya.  

Venezuela

Nama resmi: Venezuela [Republica Bolivariana de Venezuela]
Ibukota: Caracas.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi), sejumlah besar dialek lokal. 
Luas:  916.445 km2.
Penduduk: 28.459.085 orang. 
Etnis: Spanyol, Italia, Portugis, Arab, Jerman, Afrika, dan etnis asli Venezuela. 
Agama: Katolik Roma (abangan) 96%, Protestan 2%, lainnya 2%. 
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Federasi. Venezuela terdiri atas 23 negara bagian (estados), 1 distrik ibukota, dan 1 wilayah federal bergantung. Ke-23 estados Venezuela adalah: Amazonas, Anzoategui, Apure, Aragua, Barinas, Bolivar, Carabobo, Cojedes, Delta Amacuro, Falcon, Guarico, Lara, Merida, Miranda, Monagas, Nueva Esparta, Portuguesa, Sucre, Tachira, Trujillo, Vargas, Yaracuy, dan Zulia . Ke-1 distrik ibukota adalah Distrito Capital. Ke-1 wilayah federal bergantung adalah Dependencian Federales. 
Sistem pemerintahan: Presidensil
Parlemen: Unikameral (National Assembly/Asamblea Nacional) Kursi yang tersedia adalah 165 dengan 3 kursi khusus jatah bagi perwakilan etnis asli Venezuela. Masa bakti adalah 5 tahun dan dipilih lewat Pemilu proporsional.  
  • Secara resmi Venezuela berdiri 5 Juli 1811. Sejak itu Venezuela menyatakan kemerdekaannya dari Spanyol. Sejak itu Venezuela ditandai oleh kediktatoran personal. Tahun 1992, Hugo Chavez Frias, seorang militer, memimpin kup, dan terpilih sebagai presiden dalam pemilu 1998. Di bawah Frias, Venezuela mulai menemukan jatidirinya. 
  • Terdapat partai pemerintah yaitu Movimiento Quinta Republica, Accion Democratica, Partido Socialcristiano, Socialist Movement, Primero Justicia, dan Proyecto Venezuela. 
 

Lihat juga:
 
Pengertian Jenis Kekuasaan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Timur Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Barat Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Selatan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Asia Selatan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Asia Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Amerika Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Afrika Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Afrika Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara-negara Kawasan Amerika Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka
Negara-negara Kawasan Amerika Latin Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka
Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Negara-negara Timur Tengah
Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Negara-negara Kawasan ASEAN

Referensi

Gerhard Robbers, Encyclopedia of World Constitutions (New York: Facts on File Inc., 2007).
Matthew Sögard Shugart, “Comparative Executive-Legislative Relations” dalam R.A.W. Rhodes, Sarah A. Binder, and Bert Rockman, eds., The Oxford Handbooks of Political Institutions (New York: Oxford University Press, 2006)
 
tags:
bentuk negara sistem pemerintahan argentina bolivia brazil chile ekuador guyana kolombia paraguay peru suriname uruguay venezuela
Reactions

Posting Komentar

2 Komentar

Anonim pun dapat berkomentar. Namun, tentu saja dengan akun pun sangat dipersilakan. Jika sudah klik Publikasikan. Juga pemirsa boleh bersoal/sharing tanggapan. Komentar pemirsa tentu tidak berisi kata atau link yang merujuk pada p*rn*grafi, jud*, *ogel, kekerasan, atau sejenisnya. Terima kasih.