Ad Code

Amerika Tengah Negara-negara Bentuk dan Sistem Pemerintahan

Amerika Tengah negara-negara bentuk dan sistem pemerintahan mereka ini akan dilakukan secara singkat telaah atas luas wilayah, jenis kekuasaan, bentuk negara, sistem pemerintahan, dan sifat parlemen masing-masing.








Sumber Peta: https://mapswire.com/maps/north-america/north-america-political-map-large.jpg




Sumber Peta: https://mapswire.com/maps/north-america/north-america-political-map-large.jpg

Antigua and Barbuda 

Nama resmi: Antigua and Barbuda.
Ibukota: Saint John's.
Bahasa resmi: Inggris dengan dialek lokal
Luas wilayah: 443 km2.
Populasi: 90.156 (taksiran per Juli 2013)
Etnis: Negro 91%; Mulat (4,4%) White (1,7%), lainnya (2,9%).
Agama: Protestan 76,4% (terdiri atas Anglikan 25,7%, Advent Hari Ketujuh 12,3%, Pantekosta 10,6%, Moravian 10,5%, Methodis 7,9%, Baptis 4,9%, Gereja Tuhan 4,5%); Katolik Roma 10,4%, Kristen lainnya 5,4%, lainnya 2%; belum spesifik 5,8%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Dalam konstitusinya, Raja dan Ratu Inggris adalah kepala negara resmi yang representasinya dalah Gubernur Jenderal yang mereka angkat selaku otoritas eksekutif atas nama mereka (monark). Antigua and Barbuda tergabung ke dalam negara-negara persemakmuran Inggris.
Bentuk negara: Kesatuan. Antigua dan Barbuda terdiri atas 6 parish dan 2 wilayah bergantung. Parish-parish tersebut adalah: Saint George, Saint John, Saint Mary, Saint Paul, Saint Peter, dan Saint Philip. Sementara wilayah bergantungnya adalah Barbuda dan Redonda.
Sistem pemerintahan: Parlementer. Gubernur Jenderal menjalankan fungsi eksekutif atas nama raja atau ratu Inggris. Gubernur Jenderal menunjuk Perdana Menteri selaku pelaksana eksekutif yang biasanya berasal dari partai mayoritas dalam parlemen. Perdana Menteri dan menteri-menteri bertanggung jawab kepada Parlemen.
Parlemen: Bikameral, terdiri atas House of Representatives dan Senate.House of Representatives terdiri atas 17 anggota yang dipilih lewat Pemilu untuk masa bakti 5 tahun. Senat terdiri atas 17 anggota yang diangkat.
Anggaran pertahanan: 3,3% dari total Gross Domestic Product (GDP).
Tahun 1493, Antigua dan Barbuda dikunjungi Christopher Columbus lalu dikolonialisasi. Tahun 1632 berganti Inggris mengkoloninya. Antigua merupakan koloni Inggris yang paling menjanjikan di Karibia. Pulau terdekat Antigua, yaitu Barbuda, diserahkan Kerajaan Inggris kepada keluarga Codrington yang memerintah hingga 1870. Tahun 1860, Barbuda menjadi satu dengan Antigua. Pada tanggal 1 November 1981 Antigua dan Barbuda memperoleh status kemerdekaan dengan Vere Bird sebagai perdana menteri pertamanya. Antigua dan Barbuda lalu menjadi anggota PBB dan persemakmuran Inggris, juga menjadi anggota East Caribbean States. Pada Pemilu 1984 dan 1989 Bird kembali menang dengan suara signifikan sehingga memperkuat cengkeramannya atas Antigua dan Barbuda. Dalam Pemilu 1994 terjadi transfer kekuasaan dari Bird kepada anaknya, Lester Bird. Partai Bird, Antigua Labor Party memenangkan 11 dari 17 kursi parlemen. Pada pemilu 2004, United Progressive Party memenangkan pemilu, dan Baldwin Spencer menjadi perdana menterinya.
Sistem kepartaian Antigua dan Barbuda mengikuti moder Inggris, yaitu 2 partai, dengan sejumlah partai lain yang lebih kecil sebagai koalisi mereka.



Bahama 

Nama resmi: Commonwealth of the Bahamas.
Ibukota: Nassau.
Bahasa resmi: Inggris, Creole (di kalangan imigran asal Haiti).
Luas wilayah: 13.878 km2.
Populasi: 319.031 (taksiran per Juli 2013)
Etnis: Negro (85%), White (12%); Asia dan Ispanya 3%.
Agama: Protestan 67,6% (terdiri atas Baptis 35,4%, Anglikan 15,1%, Pantekosta 8,1%, Gereja Tuhan 4,8%, Methodis 4,2%); Katolik Roma 13,5%; Kristen lainnya 15,2%; belum spesifik 2,9%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Bahamas adalah anggota negara-negara persemakmuran Inggris. Kepala eksekutif resmi adalah raja atau ratu Inggris yang diwakili oleh Gubernur Jenderal yang mereka angkat.
Bentuk negara: Kesatuan (sentralis). Negara diorganisasikan secara tersentralistik. Bahama terdiri atas 31 distrik yang masing-masing diadministrasi oleh kementerian dalam negeri. Menteri Dalam Negeri dalam mengadministrasi distrik menunjuk komisioner-komisioner bagi tiap-tiap distrik. Ke-31 distrik Bahama adalah: Acklins Islands, Berry Islands, Bimini, Black Point, Cat Island, Central Abaco, Central Andros, Central Eleuthera, City of Freeport, Crooked Island and Long Cay, East Grand Bahama, Exuma, Grand Cay, Harbour Island, Hope Town, Inagua, Long Island, Mangrove Cay, Mayaguana, Moore's Island, North Abaco, North Andros, North Eleuthera, Ragged Island, Rum Cay, San Salvador, South Abaco, South Andros, South Eleuthera, Spanish Wells, dan West Grand Bahama.
Sistem pemerintahan: Parlementer. Kepala pemerintahan Bahama adalah Perdana Menteri. Kendati diangkat oleh Gubernur Jenderal, pada dasarnya Perdana Menteri ini merupakan orang yang berasal dari partai mayoritas dalam parlemen.
Parlemen: Trikameral (Monarki Inggris + House of Assembly + Senates). House of Assembly terdiri atas 38 anggota yang dipilih lewat Pemilu secara proporsional dari tiap-tiap distrik. Anggota Senat terdiri atas 16 anggota yang seluruhnya diangkat oleh Gubernur Jenderal, dengan ketentuan 9 orang berdasarkan saran Perdana Menteri, 4 orang berdasarkan saran pemimpin oposisi, dan 3 orang berdasarkan saran Perdana Menteri setelah berkonsultasi dengan pimpinan oposisi. Masa tugas anggota parlemen 5 tahun.
Anggaran pertahanan: 0,6% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Sekurangnya sejak 1647, Bahama adalah koloni Inggris. Bahama lalu diserahkan kerajaan Inggris pada sekelompok pemukim Protestan dari Inggris dan Bermuda, yang disebut Company of Adventurers for the Plantation of Eleutheira. Sistem pemerintahannya swakelola. Pada perkembangannya terjadi ketegangan antara kaum kulit putih dan kulit hitam. Hingga 1969, kaum kulit hitam yang dahulunya merupakan budak dari Afrika tidak memperoleh hak suara. Tahun 1953 partai politik bernama Progressive Liberal Party didirikan kaum kulit hitam. Pada tanggal 10 Juli 1973 Bahama memperole kemerdekaan penuh dari Inggris.
Sistem kepartaian Bahama pluralistik. Hanya ada dua partai politik di Bahama, yaitu Progressive Liberal Party (mayoritas kulit hitam) dan Free National Movement.



Barbados 

Nama resmi: Barbados.
Ibukota: Bridgetown.
Bahasa resmi: Inggris.
Luas wilayah: 431 km2
Populasi: 288.725 (taksiran per Juli 2013).
Etnis: Negro 93%; White 3,2%; Mulat 2,6%; Hindia timur 1%; lainnya 0,2%.Methodis 5,1%, lainnya 11,3%); Katolik Roma 4,2%; Kristen lainnya 7%; lainnya 4,8%; belum spesifik 20,6%.
Agama: Protestan 63,4% (termasuk Protestan 28,3%, Pantekosta 18,7%, Methodis 5,1%, lainnya 11,3%), Katolik Roma 4,2%, Kristen lainnya 7%, lainnya 4,8%, tidak beragama atau tidak spesifik 20,6%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Barbados adalah anggota negara-negara persemakmuran Inggris. Kepala negara resmi adalah raja atau ratu Inggris. Raja atau ratu ini direpresentasikan oleh Gubernur Jenderal.
Bentuk negara: Kesatuan (sentralis). Seluruh hubungan antarwilayah dalam negara diadministrasi langsung oleh pemerintah pusat. Tidak ada pemerintahan daerah. Ke-11 parish Barbados adalah: Christ Church, Saint Andrew, Saint George, Saint James, Saint John, Saint Joseph, Saint Lucy, Saint Michael, Saint Peter, Saint Philip, dan Saint Thomas. Sementara ke-1 kotanya adalah Bridgetown.
Sistem pemerintahan: Parlementer. Kepala negara adalah monark Inggris yang direpresentasikan Gubernur Jenderal. Gubernur Jenderal menerapkan kuasa eksekutif berdasarkan saran kabinet. Kabinet dikepalai Perdana Menteri yang berasal dari partai mayoritas. Pada prakteknya, kuasa eksekutif ada di tangan perdana menteri ini.
Parlemen: Trikameral (Monarki Inggris + House of Assembly + Senates). Parlemen Barbados diorganisasi berdasarkan model Westminster. House of Assembly terdiri atas 30 anggota yang dipilih lewat Pemilu. Senat terdiri atas 21 anggota yang seluruhnya diangkat oleh Gubernur Jenderal, dengan ketentuan 12 ditunjuk berdasarkan saran Perdana Menteri, 2 orang berdasarkan saran pimpinan oposisi, dan 7 berdasarkan pertimbangan kepentingan agama, ekonomi, sosial atau lainnya dari Gubernur Jendral. Masa bakti anggota parlemen adalah 5 tahun.
Anggaran pertahanan: 0,8% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Barbados adalah bekas koloni Inggris. Pulau tersebut pertama kali diduduki pemukim Inggris tahun 1627. Budak mulai dipasok dari Afrika pada 1640an. Abad ke-17 Barbados mahkota Inggris saat di negara induk terjadi perang sipil, lalu mendeklarasikan kemerdekaan dari Inggris. Barbados lalu diinvasi oleh armada Oliver Cromwell dan harus menandatangani Charta of Barbados tahun 1652. Charta tersebut adalah dokumen penyerahan diri. Perbudakan dihapuskan 1834-1838, tetapi kaum kulit hitam keturunan budak tetap tidak bisa punya hak suara. Sejak 1920, mulailah kaum kulit hitam melakukan gerakan politik dan berujung pada 1951 kaum kulit hitam punya hak suara. Tahun 1954 Sir Grantley Adams (seorang kulit hitam) menjadi perdana menteri.
Sistem kepartaian Barbados pluralistik. Sistem pemilu hanya mengendorse partai politik utama, sehingga dua partai besar yang dominan dalam pemilu, yaitu Barbados Labour Party dan Democratc Labour Party.



Belize 

Nama resmi: Belize.
Ibukota: Belmopan
Bahasa resmi: Inggris
Luas wilayah: 22.966
Populasi: 334.297 (taksiran per Juli 2013).
Etnis: Mestizo 48,7%; Craole 24,9%; Maya 10,6%; Garifuna 6,1%; lainnya 9,7%.
Agama: Katolik Roma 39,3%; Pantekosta 8,3%; Advent Hari Ketujuh 5,3%; Anglikan 4,5%; Mennonite 3,7%; Baptis 3,5%; Methodis 2,8%; Nazarene 2,8%; Saksi Yehova 1,6%; lainnya 9,9% termasuk Baha'i, Buddha, Hindu, Islam, dan Mormon. Tidak diketahui sebanyak 3,1%. Tidak beragama sebanyak 15,2%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Monarki Inggris adalah kepala negara resmi Belize. Dalam keseharian, monark Inggris direpresentasikan Gubernur Jenderal yang aturannya harus orang asli Belize. Gubernur Jenderal ini hampir bersifat seremonial belaka.
Bentuk negara: Kesatuan. Belize menganut asas sentralistik dan terbagi ke dalam 6 distrik yaitu Belize, Cayo, Corozal, Orange Walk, Stann Creek, dan Toledo. Masing-masing distrik punya pemerintahan lokal.
Sistem pemerintahan: Parlementer. Parlemen Belize mengadopsi model Westminster.
Parlemen: Bikameral (House of Representatives + Senates)
Anggaran pertahanan: 1,2% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Pada tahun 300 s.d. 900, Belize adalah bagian dari Imperium Maya. Tahun 1500an mulai datang pemukim Eropa, dan setelah itu Inggris mengkoloni Belize. Tahun 1765 dimulailah self governing di Belize lewat Burnbaby's Code, dan nama tersebut merujuk pada Admiral Burnbaby, yang kemudian menjadi panglima di Jamaica. Self governing kembali ditegaskan tahun 1964 dengan George Prices sebagai perdana menteri dengan nama wilayah Belize saat itu adalah British Honduras. Tahun 1973 kembali nama wilayah menjadi Belize dan ibukota dipindahkan dari Belize City ke Belmopan. Tanggal 21 Desember 1981 Belize memperoleh kemerdekaan dari Inggris sekaligus menjadi anggota Persemakmuran Inggris.
Sistem kepartaian Belize pluralistik. Namun, partai politik dilarang berdiri berdasarkan garis rasial.



El Salvador 

Nama resmi: Republic of El Salvador [Republica de El Salvador].
Ibukota: San Salvador.
Bahasa resmi: Spanyol
Luas wilayah: 21.040 km2.
Populasi: 6.108.590 (taksiran per Juli 2013)
Etnis: Mestizo 86,3%; White 12,7%; Amerindian 1%.
Agama: Katolik Roma 57,1%; Protestan 21,2%; Saksi Yehova 1,9%; Mormon 0,7%; lainnya 2,3%; Tidak beragama 2,3%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. El Salvador terbagi ke dalam 14 wilayah yang disebut Departamentos, yang masing-masing menjalankan fungsi pemerintahan terbatas. Ke-14 departamentos El Salvador adalah: Ahuachapan, Cabanas, Chalatenango, Cuscatlan, La Libertad, La Paz, La Union, Morazan, San Miguel, San Salvador, San Vicente, Santa Ana, Sonsonate, dan Usulutan.
Sistem pemerintahan: Presidensil. Posisi presiden El Salvador kuat. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden tidak dapat dipilih lebih dari 2 kali masa jabatan.
Parlemen: Unikameral (Asamblea Legislativa). Asamblea ini terdiri atas 84 anggota.
Anggaran pertahanan:
El Salvador merdeka dari Spanyol tanggal 15 September 1821. Setelah merdeka, El Salvador bergabung dengan Central American Federation. Pada 1841 El Salvador keluar dari federasi. Perang sipil besar El Salvador meledak antara 1980-92 antara Farabundo Marti Liberation Front (gerilyawan koalisi Marxis) melawan militer El Salvadoran (ESAF) dan death squadnya. Death squad berhasil membunuh Oscar Romero, archbishop San Salvador tahun 1980. Pada 16 Januari 1992, pemerintah El Salvador dan koalisi Marxis menandatangani perjanjian damai, yang mengakhiri bab tragis dalam sejarah El Salvador.
Sistem kepartaian El Salvador berciri pluralistik, tetapi dalam kancah pemilu menganut sistem dua partai.



Grenada 

Nama resmi: Grenada.
Ibukota: Saint George's.
Bahasa resmi: Inggris (resmi), Patois Perancis.
Luas wilayah: 344 km2.
Populasi: 109.590 orang.
Etnis: Black 82%, campuran Black-Eropa 13%, Eropa dan India Timur 5%, Arawak/Amerindian-Karibia.
Agama: Katolik Roma 53%, Anglikan 13,8%, Protestan lainnya 33,2%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Grenada anggota negara-negara persemakmuran Inggris. Monark Inggris bertindak selaku kepala negara resmi Grenada. Dalam keseharian, monark Inggris menunjuk seorang Gubernur Jenderal selaku pelaksana pengepalaan. Kuasa eksekutif monark Inggris juga dijalankan lewat Gubernur Jenderal ini. Konstitusi Grenada menyebutkan bahwa Gubernur Jenderal ini dipilih oleh Perdana Menteri untuk kemudian diangkat selaku perwakilan monark Inggris di Grenada oleh monark Inggris. Gubernur Jendral ini lalu menjadi anggota konstitusional parlemen Grenada dan punya kewenangan membubarkan parlemen sewaktu-waktu.
Bentuk negara: Kesatuan. Granada terdiri atas 6 parish dan 1 wilayah bergantung. Ke-6 parish Grenada adalah: Saint Andrew, Saint David, Saint George, Saint John, Saint Mark, dan Saint Patrick. Sementara ke-1 wilayah bergantungnya adalah Carriacou and Petite Martinique.
Sistem Pemerintahan: Parlementer.
Parlemen: Trikameral (Her Majesty + Senate + House Representatives). Senat terdiri atas 13 anggota yang diangkat seluruhnya oleh Gubernur Jenderal, dengan ketentuan 10 anggota berdasarkan saran Perdana Menteri dan 3 orang berdasarkan persetujuan pimpinan oposisi. House of Representatives terdiri atas 15 orang yang dipilih lewat Pemilu dengan sistem First Past the Post.
Anggaran pertahanan: 0,6% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Grenada adalah sebuah pulau. Awalnya ia dihuni orang Arawak kemudian oleh Carib. Tahun 1498 Grenada ditemukan oleh Columbus. Setelah 100 tahun tanpa kolonialiasi, situasi berbah manakala Perancis mengkoloninya pada 1650. Tahun 1762 pulau ini direbut oleh Inggris mengikut pada Perjanjian Versailles antara Inggris dan Perancis, Grenada menjadi koloni Inggris dan ke sanalah budak Afrika dibawa. Perbudakan lalu dihapuskan pada 1834, Grenada lalu bergabung dengan Federation of West Indies hingga federasi tersebut kolaps pada 1962. Hingga saat itu, Grenada berstatus associated Inggris, dan menurut Associated Statehood Act 1967, Grenama diberikan status otonomi penuh dalam urusan internal. Tanggal 7 Februari 1974 akhirnya Grenada memperoleh kemerdekaan penuh dari Inggris. Grenada menggunakan cetak biru sistem pemerintahan Westminster Inggris. Tahun 1979 terjadi kudeta oleh kaum Marxis, dan sebagai reaksi Grenada dengan dukungan Amerika Serikat melakukan pukulan balik tahun 1983.
Sistem kepartaian Grenada adalah multipartai.



Guatemala 

Nama resmi: Republic of Guatemala [Republica de Guatemala].
Ibukota: Guatemala City.
Bahasa resmi: Spanyol
Luas wilayah: 108.890 km2.
Populasi: 14.373.472 (taksiran per Juli 2013)
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian dengan Spanyol, disebut Ladino) dan Eropa 59,4%; K'iche 9,1%; Kaqchikel 8,4%; Mam 7,9%; Q'eqchi 6,3%; Maya lainnya 8,6%; asli non Maya 0,2%; lainnya 0,1%.
Agama: Katolik Roma; Protestan; dan agama Maya.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan.Sebagai negara kesatuan, Guatemala terdiri atas 22 departemen yang diadministrasi oleh Gubernur. Gubernur diangkat oleh Presiden. Ke-22 departementos Guatemala adalah: Alta Verapaz, Baja Verapaz, Chimaltenango, Chiquimula, El Progreso, Escuintla, Guatemala, Huehuetenango, Izabal, Jalapa, Jutiapa, Peten, Quetzaltenango, Quiche, Retalhuleu, Sacatepequez, San Marcos, Santa Rosa, Solola, Suchitepequez, Totonicapan, dan Zacapa.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Presiden bertindak selaku kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri.
Parlemen: Unikameral (Congreso de la Republica)
Anggaran pertahanan: 0,4% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Guatemala menempati dataran rendah suatu area yang disebut Peten region, dan merupakan pusat merebaknya kebudayaan Maya. Setelah itu Maya ditaklukan Spanyol. Periode kolonial dimulai 25 Juli 1524 saat penakluk Spanyol bernama Pedro de Alvarado mendirikan pemukiman permanen para konkuistador di ibukota Iximche. Encomienda (sistem upate yang harus dibayar penduduk asli kepada Spanyol lewat Hukum Burgos 1512) diterapkan. Sebagian besar negara Amerika Tengah seperti San Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, dan Chiapas, ada di bawah kendali Captaincy General of Guatemala (wakil pemerintah Spanyol). Setelah invasi Napoleon di Eropa, Spanyol melemah. Mulailah orang Guatemala berpartisipasi di pemerintahan lewat kongres pemilih di Cadiz tahun 1811. Namun, orang Kreol (turunan Spanyol yang lahir di Guatemala, tidak diikutsertakan). Pada tanggal 15 September 1821 Guatemala menyatakan kemerdekaan dari Spanyol. Guatemala (kecuali provinsi Chiapas) ikut gabung ke Central American Federation pada 22 November 1824. Federasi ini independen baik dari Spanyol maupun Meksiko. Terjadi perang sipil antara liberal dan konservatif pada 1838 hingga 1840. Tahun 1839, di bawah kepemimpinan Jose Rafael Carrera, Guatemala keluar dari federasi. Presiden kemudian menjadi diktator, dan itulah fenomena politik Guatemala di mana para caudillos berkuasa silih berganti. Pada 1987, Guatemala bersama dengan Kosta Rika, Honduras, Nikaragua, dan El Salvador menandatangi pakta perdamaian dan tahun 1996, pemerintah dan pemberontak Guatemala menandatangani perjanjian damai.
Sistem kepartaian Guatemala pluralistik, dan kurang stabil.



Haiti 

Nama resmi: Republic of Haiti [Repiblik d' Ayiti]
Ibukota: Port-au-Prince.
Bahasa resmi: Perancis dan Creole
Luas wilayah: 27.750 km2.
Populasi: 9.893.934 (taksiran per Juli 2013)
Etnis: Negro 95%; Mulat dan White 5%.
Agama: Katolik Roma 80%; Protestan 16% (terdiri atas Baptis 10%, Pantekosta 4%; Advent 1%, lainnya 1%); tidak beragama 1%; lainnya 3%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Secara struktural, Haiti terbagi atas 10 departemen (wilayah). Masing-masing wilayah kemudian dibagi lagi ke dalam komune-komune dan seksi-seksi komunal. Setiap wilayah administratif dipimpin oleh dewan tiga yang dipilih lewat Pemilu langsung untuk masa jabatan 4 tahun. Ke-10 departemen Haiti adalah: Artibonite, Centre, Grand'Anse, Nippes, Nord, Nord-Est, Nord-Ouest, Ouest, Sud, dan Sud-Est.
Sistem Pemerintahan: Parlementer. Presiden adalah kepala negara. Perdana menteri adalah kepala pemerintahan. Perdana menteri memilih menteri-menteri anggota kabinet berdasarkan komposisi hasil Pemilu (dari partai-partai politik). Saat menjabat menjadi menteri mereka tidak diperkenankan menjadi anggota parlemen.
Parlemen: Bikameral (House of Deputies + Senates). Keduanya dipilih secara langsung lewat Pemilu.Senat terdiri atas wakil-wakil departemen (wilayah) di mana masing departemen jumlah total wakilnya di Senat sebagai 3 orang.
Anggaran pertahanan: 0,4% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Spanyol mungkin orang Eropa pertama yang singgah ke Haiti, tetapi kemudian Perancis yang mengkoloninya, kendati pada 1697 sepertiga wilayah Haiti direbut Spanyol. Setelah itu budak dari Afrika semakin banyak didatangkan. Pada akhir abad ke-18 terjadi pemberontakan budak skala besar. Awalnya para budak merebut bagian utara Haiti, dan akhirnya tahun 1804 para budak ini menyatakan kemerdekaan dari Perancis pada tanggal 1 Januari 1804. Ada periode sela yaitu bagian utara, barat, dan selatan berdiri sendiri, untuk kemudian bersatu pada 1820. Bahkan, saat itu Haiti menguasai bagian timur Hispaniola (saat ini Republik Dominika) selama 20 tahun hingga 1844. Karena Haiti terus bergejolah, muncul intervensi Amerika Serikat dari 1915 hingga 1934. Selama hampir 3 dekade keluarga Duvalier (kulit hitam) memerintah Haiti. Pada Januari 1986 Francois Duvalier dipaksa mengundurkan diri setelah ontran-ontran politik selama berbulan-bulan. Tahun 1990 Jean Bertrand Aristide dipilih menjadi presiden. Tidak lama, pada September 1991 ia dijungkalkan kudeta militer lalu lari ke Amerika Serikat. Tahun 1995 dilakukan pemilihan presiden dan Rene Preval menang. Tahun 2000 pilpres mengembalikan Aristide ke kursi kekuasaan. Saat itu banyak pasukan perdamaian PBB sudah keluar dari Haiti. Tejadi pertikaian politik antara pihak pemerintah dan oposisi, lalu pasukan pemberontak menguasai kota-kota utama. Februari 2004, Aristide mengundurkan diri sebagai presiden. Pemilu lanjutan diadakan tahun 2006 dan Rene Preval kembali menang.
Sistem kepartai di masa Duvalier tidak ada. Setelah Duvalier Haiti bercorak multipartai.



Honduras

Nama resmi: Republic of Honduras.
Ibukota: Tegucigalpa.
Bahasa resmi: Spanyol, dialek Amerindian
Luas wilayah: 112.492 km2.
Populasi: 8.448.465 (taksiran per Juli 2013)
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian dengan Eropa) 90%, Amerindian 7%, Negro 2%, White 1%.
Agama: Katolik Roma 97%, Protestan 3%.
Jenis kekuasaan: Republik.
Bentuk negara: Kesatuan (ke arah federal). Pemerintah pusat Honduras secara administratif dibagi ke dalam 18 departemen (wilayah) yang kemudian dibagi lagi menjadi 298 munisipal. Masing-masing munisipal sifatnya otonom dan diadministrasi oleh walikota dan wakilnya. Munisipal ini lambat-laun semakin berperan besar dalam pemerintahan lini depan Honduras kendati subsidi anggara mereka masing banyak bergantung pada pemerintah pusat.
Sistem Pemerintahan: Parlementer (sekurangnya ke arah parlementer). Kendati resminya presidensil, pengaruh presiden semakin berkurang.
Parlemen: Unikameral (Congress of Deputies). Jumlah anggotanya 128 orang yang dipilih rakyat Honduras dalam Pemilu langsung.
Anggaran pertahanan: 1,5% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Honduras memperoleh kemerdekaan tanggal 15 September 1821 dari Spanyol, berbarengan dengan Guatemala, El Salvador, Nikaragua, dan Kosta Rika. Negara-negara ini di masa lalu terbentuk dari Captaincy General of Guatemala. Dalam masa singkat, Meksiko sempat menguasai mereka. Setelah itu kelima negara ini sepakat membentuk Republik Federasi Amerika Tengah pada 22 November 1824. Namun, Jenderal Francisco Morazan dari Honduras memperjuangkan kesatuan, da federasi pun dibubarkan. Dalam abad ke-19, Honduras tenggelam dalam aneka revolusi. Konstitusi tahun 1957 mencanangkan sistem politik moderen, dan dibawah presiden Ramon Villeda Morales yang memerintah berdasarkan konstitusi 1957 dikudeta oleh militer tahun 1963. Konsitusi baru dicanangkan tahun 1965 (hampir serupa dengan 1957). Tahun 1972 presiden Ramon E. Cruz kembali dijunkalkan kudeta militer. Selama satu dekade militer memerintah Honduras. Pada April 1980 badan konstituante dibentuk dan diadopsi aturannya 11 Januari 1982.
Sistem kepartaian Honduras sangat dinamis, multipartai. Terdapat 5 partai, dua di antaranya yaitu Partai Liberal dan Partai Nasional menguasai lebih dari 90 persen suara pemilih. Partai Liberal bersifat kiri-tengah, sementara Partai Nasional Kanan-tengah. Partai lainnya adalah Partai Inovasi dan Kesatuan (ideologi sosialisme demokrasi), Partai Demokratik Kristen, dan Partai Unifikasi Demokratik (ideologi kiri).



Jamaika 

Nama resmi: Jamaica.
Ibukota: Kingstown.
Bahasa resmi: Inggris dan Patois Inggris
Luas wilayah: 10.830 km2.
Populasi: 2.909.714 (taksiran Juli 2013)
Etnis: Negro 91,2%, campuran 6,2%, lainnya 2,6%.
Agama: Protestan 62,5% (terdiri atas Advent Hari Ketujuh 10,%, Pantekosta 9,5%, Gereja Tuhan lainnya 8,3%, Baptis 7,2%, Gereja Perjanjian Baru 6,3%, Gereja Tuhan di Jamaika 4,8%, Gereja Tuhan Wahyu 4,3%, Anglikan 3,6%, Kristen lainnya 7,7%); Katolik Roma 2,6%; belum spesifik 14,2%; tidak beragama 20,9%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Jamaika adalah anggota negara-negara persemakmuran Inggris. Duduk selaku kepala negara resmi adalah Ratu Elizabeth II. Monark ini diwakili di Jamaika oleh seorang Gubernur Jenderal yang asli Jamaika. Gubernur Jenderal diangkat oleh Monark Inggris atas saran Perdana Menteri Jamaika dan 6 anggota Jamaican Privy Council. Sifat tugas Gubernur Jenderal adalah seremonial semisal mengangkat Perdana Menteri yang merupakan pimpinan partai mayoritas hasil Pemilu.
Bentuk negara: Kesatuan. Jamika dibagi ke dalam 3 county yaitu Cornwall, Middlesex, dan Surrey. County-county ini dibagi lagi menjadi 12 parish yaitu Clarendon, Hanover, Manchester, Portland, Saint Ann, Saint Catherine, Saint Elizabeth, Saint James, Saint Mary, Saint Thomas, Trelawny, dan Westmoreland. Selain itu ditambah 2 area khusus yaitu Kingston dan Saint Andrew.
Sistem Pemerintahan: Parlementer. Anggota kabinet Jamaika diangkat dan dipimpin oleh Perdana Menteri.
Parlemen: Bikameral (House of Representatives + Senates). House of Representatives terdiri atas 60 anggota yang dipilih lewat Pemilu. Senat terdiri atas 21 anggota dengan ketentuan 13 dipilih oleh Perdana Menteri dan 8 oleh pimpinan oposisi (model Westminster).
Anggaran pertahanan: 0,9% dari total Gross Domestic Product (GDP)
Jamaika adalah anggota persemakmuran Inggris. Ia memperoleh kemerdekaannya tanggal 6 Agustus 1962 dari monarki Inggris. Kepadatan penduduk Jamaika diakibatkan pasokan budak dari Afrika Barat yang tidak kira-kira. Sejarah Jamaika adalah sejarah perbudakan dan kolonialisme. Sebagai entitas politik, Jamaika mulai muncul pasca perang dunia II. Ia muncul dengan Ratu Inggris sebaagi kepala negara. Kondisi ini memunculkan kepercayaan diri orang Jamaika. Kemerdekaan Jamaika dari Inggris adalah akibat convergence bukan divergence kepentingan kedua bangsa. Jamaika mencari kemerdekaan politik sebagai penegasan sebagai sebuah bangsa. Inggris memandang kemerdekaan Jamaika sebagai tugas mulia dan menghilangkan kesan negara kolonial pada dirinya.
Sistem kepartaian Jamaika multipartai, dengan dominasi 2 partai politik utama yaitu People's National Party (didirikan tahun 1938 di bawah pimpinan Norman Manley) yang berkuasa pada 2005 dan Jamaica Labor Party (didirikan 1943 oleh pimpinan buruh Sir Alexander Bustamante). Terdapat sejumlah partai politik kecil termasuk National Democratic Movement dan sebuah partai komunis bernama Worker's Party of Jamaica.



Kosta Rika 

Nama resmi: Republic of Costa Rica [Republica de Costa Rica]
Ibukota: San Jose.
Bahasa resmi: Spanyol, Inggris.
Luas wilayah: 51.100 km2.
Populasi: 4.695.942 orang.
Etnis: White (termasuk mestis) 94%, Black 3%, Amerindian 1%, Cina 1%, lainnya 1%.
Agama: Katolik Roma 76,3%, Evangelis 13,7%, Saksi Yehova 1,3%, Protestan lain 0,7%, lainnya 4,8%, tidak beragama 3,2%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan (Sentralis). Negara ini terbagi atas 7 propinsi yaitu: Alajuela, Cartago, Guanacaste, Heredia, Limon, Puntarenas, dan San Jose. Masing-masing propinsi dipimpin seorang gubernur yang diangkat oleh Presiden. Tiap propinsi terbagi atas kanton-kanton. Masing-masing kanton terbagi atas distrik-distrik.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Presiden (Laura Chincilla Miranda) adalah kepala eksekutif dengan 2 wakil presiden yang dipilih lewat pemilu langsung. Kabinet diangkat dan diberhentikan oleh presiden.
Parlemen: Unikameral (Legislative Assembly). Anggotanya ada 57 orang (masa bakti 4 tahun) yang masing-masing dipilih di tingkat propinsi bersamaan dengan Pilpres-nya.
Tahun 1502 Columbus tiba di perairan Kosta Rika (atau pantai kaya). Pemukiman Spanyol di Kosta Rika dimulai 1522. Selama 3 abad Spanyol berkuasa di sana, sebagai bagian dari Captaincy General of Guatemala dan diperintah di bawah gubernur militer. Pada tahun 1821 sejumlah provinsi Amerika Tengah seperti Kosta Rika, Guatemala, Honduras, Nikaragua, dan El Salvador memutuskan merdeka dari Spanyol. Mereka lalu mendirikan Central American Federation. Tahun 1838 federasi bubar, dan Kosta Rika jadi republik independen secara penuh. Tahun 1871 mulai dirancang konstitusi dengan rezim presiden yang kuat. Kini, sejak tahun 1949, telah diadakan 50 kali amandemen konstitusi di Kosta Rika.
Kosta Rika ditandai sistem dua partai, yaitu Social Christian Unity Party (PUSC) dan National Liberation Party (PLN). Kini kedua partai mendapat tantangan dari debutan baru, Citizen Action Party (PAC).



Kuba 

Nama resmi: Republic of Cuba [Republica de Cuba]
Ibukota: Havana.
Bahasa resmi: Spanyol.
Luas wilayah: 110.860 km2.
Populasi: 11.061.886 orang
Etnis: White 65,1%, Mulat dan Mestis 24,8%, Black 10,1%.
Agama: Katolik Roma (abangan) 85%, Protestan, Saksi Yehova, Yahudi, dan Santeria.
Jenis kekuasaan: Republik (Komunis) mengikut bentuk Uni Sovyet (dahulu).
Bentuk negara: Kesatuan. Tidak ada otonomi lokal. Kuba dibagi ke dalam 15 propinsi dan 169 kabupaten. Komunitas-komunitas lokal adalah subordinat pemerintah pusat. Kuba terdiri atas 15 propinsi (provincias) dan 1 kabupaten khusus (municipio especial). Ke-15 provincias adalah: Artemisa, Camaguey, Ciego de Avila, Cienfuegos, Granma, Guantanamo, Holguin, La Habana, Las Tunas, Matanzas, Mayabeque, Pinar del Rio, Sancti Spiritus, Santiago de Cuba, dan Villa Clara. Sementara ke-1 kabupaten khususnya adalah Isla de la Juventud.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Kepala negara adalah Presiden Dewan Negara dan Presiden Dewan Menteri (sekarang Jenderal Raul Castro Ruz). Kepala pemerintahan adalah Presiden Dewan Negara dan Presiden Dewan Menteri (sekarang Jenderal Raul Castro Ruz). Dewan Menteri diajukan oleh National Assembly atau 28 anggota Dewan Negara untuk kemudian dipilih oleh National Assembly.
Parlemen: Unikameral (National Assembly of People’s Power atau Asemblea Nacional del Poder Popular). Jumlah kursinya sesuai dengan jumlah penduduk. Sekarang adalah 614 yang anggota dipilih langsung dari pilahan yang disetujui oleh komisi kanditat khusus untuk masa bakti 5 tahun.
Anggaran pertahanan:
Sebelum 1492, pulau Kuba dihuni penduduk asli, dan mereka musnah beberapa tahun setelah Christopher Columbus tiba di sana. Tahun 1868 Kuba mendekralasikan perang atas Spanyol (pengkoloninya), yaitu perang kemerdekaan. Kuba adalah koloni Spanyol hingga 1898, saat Amerika Serikat ikut campur dalam perang kemerdekaan antara Kuba versus Spanyol. Tahun 1901, pemerintah Amerika Serikat menerapkan amandemen, yaitu Emends Platt, yang membatasi kedaulatan Kuba dalam pertahanan, yaitu hanya mencakup pertahanan property saja. Tahun 1902 republik didirikan dengan sistem presidensial, parlemen bikameral, dan yudikatif independen. Tahun 1928 perempuan Kuba mendapat hak suara. Konstitusi tahun 1940 dicanangkan dengan sistem semi-presidensial. Tahun 1952 seorang sersan angkatan darat, Fulgencio Batista, melakukan kudeta dan menyusun konsitusi baru. Kudeta Batista dibalas kudeta Fidel Castro tanggal 1 Januari 1959. Castro memberlakukan kembali konsitusi 1941. Pemerintahan revoluioner dikepalai oleh presiden republik ditemani dewan menteri. Struktur ini dicamkan 7 Februari 1959. Tahun 1976 kembali diberlakukan konstitusi baru yang menyatakan Kuba adalah negara sosialis, yang diadopsi lewat referendum dan masih berlaku hingga kini. Presiden Kuba adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.
Sistem kepartaian Kuba adalah satu partai, yaitu partai pemerintah sosialis saja.




Nikaragua 

Nama resmi: Republic of Nicaragua [Republica de Nicaragua]
Ibukota: Managua.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi) 97,5%, Miskito 1,7%, lainnya 0,8%. Sementara Inggris digunakan di semenanjuk Atlantik.
Luas wilayah: 129.494 km2.
Populasi: 5.788.531 orang.
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian-White) 69%, White 17%, Black 9%, Amerindian 5%.
Agama: Katolik Roma 58,5%, Protestan 23,2% (Evangelis 21,6%, Moravia 1,6%), Saksi Yehova 0,9%, lainnya 1,7%, tidak beragama 15,7%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan (Sentralis). Nikaragua terbagi atas 15 departemen dan 2 region otonom di semenanjung Atlantik. Ke-15 departementos Nikaragua adalah Boaco, Carazo, Chinandega, Chontales, Esteli, Granada, Jinotega, Leon, Madriz, Managua, Masaya, Matagalpa, Nueva Segovia, Rio San Juan, dan Rivas. Sementara 2 daerah otonom (regiones autonomistas) adalah Atlantico Norte dan Atlantico Sur.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Presiden sekaligus kepala negara dan kepala pemerintahan.
Parlemen: Unikameral (National Assembly/Asamblea Nacional). Asamblea Nacional terdiri atas 92 kursi. Rinciannya 90 kursi ditentukan lewat representasi proporsional Pemilu varian Party List dengan masa bakti 5 tahun, 1 kursi diperuntukan bagi presiden sebelumnya, dan 1 kursi diperuntukkan bagi runner-up pada pemilu presiden sebelumnya.
Anggaran pertahanan:
Nama Nicaragua berasal dari kata Nicarao yaitu nama kepala suku asli yang hidup di Danau Nikaragua sekitar tahun 1500. Tahun 1524, Hernandez de Cordoba mendirikan pemukiman permanen Spanyol di region ini. Nikaragua mendapat kemerdekaan dari Spanyol tanggal 15 September 1821. Setelah itu menjadi bagian Imperium Meksiko dan anggota Federasi Amerika Tengah. Saat federasi ini bubar 1838, Nikaragua berdiri sendiri secara penuh. Antara 1838 dan 1974 Nikaragua memiliki 10 jenis konstitusi. Seorang petualang Amerika Serikat bernama William Walker menduduki kursi kepresidenan Nikaragua tahun 1856, tetapi dijungkalkan 1 tahun kemudian. Sejak 1893, Jenderal Jose Santos Zelaya mendirikan kediktatoran hingga ia dipaksa turun oleh kudeta dukungan Amerika Serikat tahun 1909. Setelah kudeta, Nikaragua mengizinkan Amerika Serikat menjalankan sistem bank nasional dan rel kereta api. Kelompok gerilya yang dipimpin Augusto Cesar Sandino berkampanye anti kehadiran militer Amerika Serikat sejak 1912. Sayangnya, Sandino lalu diasasinasi tahun 1934 oleh petugas National Guards, dan 3 tahun kemudian Anastasio Somoza Garcia mengambil alih kursi kepresidenan. Dinasti Somoza berakhir 1979 lewat ontran-ontran gila-gilaan yang dipimpin kaum revolusioner-sosialis Sandinista National Liberation Front (FSLN). Setelah itu Amerika Serikat memutuskan hubungan diplomatik dengan Nikaragua, lalu sepenuhnya mendukung pasukan pemberontak. Tahun 1986 Mahkamah Internasional di Den Haag menemukan bukti Amerika Serikat telah melanggar sejumlah prinsip hukum internasional dan memerintahkan reparasi. Konstitusi baru Nikaragua dicanangkan 1987. Kandidat presiden dari oposisi, Violeta Chamorro memenangkan pilpres Februari 1990. Chamorro menolak menandatangani revisi konstitusi pada Februari 1995. Konflik diselesaikan oleh Pakta Politik 15 Juni 1995 yang menyatkan konstitusi kembali diundangkan dengan penjelasan. Pada Januari 1997 terjadi transfer kekuasaan lewat pemilu secara demokratis, di mana Arnoldo Aleman mendapuk kursi presiden menggatikan Chamorro. Aleman pun presiden pertama yang dipenjara akibat korupsi dan pencucian uang.
Terdapat 35 partai politik di Nikaragua dalam pemilu 1996. Namun dengan pengetatan aturan, hanya 3 partai bisa berpartisipasi dalam pemilu 2001 yaitu Liberal Alliance (termasuk PLC), Sandinista National Liberation Front (FSLN) dan Conservative Party of Nicaragua.



Panama 

Nama resmi: Republic of Panama [Republica de Panama]
Ibukota: Panama City.
Bahasa resmi: Spanyol (resmi), Inggris 14%.
Luas wilayah: 78.200 km2
Populasi: 3.559.408 orang.
Etnis: Mestizo (campuran Amerindian-White) 70%, Amerindian dan campuran (India Barat) 14%, White 10%, Amerindian 6%.
Agama: Katolik Roma 85%, Protestan 15%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Panama terdiri atas 9 propinsi (provincias) dan 3 teritore masyarakat asli (comarcas). Ke-9 provincian Panama adalah: Bocas del Toro, Chiriqui, Cocle, Colon, Darien, Herrera, Los Santos, Panama, dan Veraguas. Sementara ke-3 comarcas adalah: Embera-Wounaan, Kuna Yala, dan Ngobe-Bugle.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Kepala negara dan kepala pemerintahan adalah presiden. Presiden mengangkat dan memberhentikan kabinet. Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu paket untuk masa bakti 5 tahun.
Parlemen: Unikameral (National Assembly/Asamblea Nacional). Anggota parlemen terdiri atas 71 orang yang dipilih lewat Pemilu untuk masa bakti 5 tahun.
Anggaran pertahanan
Pendudukan Panama oleh Spanyol dimulai 1501 dengan kedatangan Rodrigo de Bastidas. Orang Spanyol membasmi penduduk asli. Sejak itu, Panama menjadi wilayah ternyaman karena bisa menghubungkan antara Samudera Pasifik dan Atlantik. Panama lalu memisahkan diri dari Spanyol 28 November 1821. Panama ikut gabung dengan Gran Colombia, suatu uni yang terdiri atas Ekuador, Venezuela, dan Colombia hingga 1830. Panama berulang kali coba memisahkan diri dari Kolombia. Pernah menyandang status federasi dari Colombia tahun 1855. Setelah senat Kolombia menolak perjanjian dengan Amerika Serikat dalam pembuatan terusan Panama, pemimpin Panamanian dengan dukungan Amerika Serikat mendeklarasikan kemerdekaannya tahun 3 November 1903. Konstitusi Panama 1904 memberikan hak pada Amerika Serikat untuk melakukan intervensi. Tahun 1941 hak tersebut dibuang, dengan sponsor utamanya Arnulfo Arias, pemimpin otoriter. Tahun 1946 dicanangkan konstitusi demokratis yang kemudian lenyap setelah Omar Torrijos mengambil alih kekuasaan. Torrijos memerintah secara diktatorial tetapi mampu mensejahterakan rakyat Panama. Namun, Torrijos lalu meninggal akibat kecelakaan helikopter misterius. Pelakunya pastilah kelompok yang tidak menghendaki Panama benar-benar independen. Setelah 1977, perjanjian terusan Panama dimodernisasi, artinya status kolonialisme Amerika Serikat atas Panama juga dimodernisasi. Tahun 1987 terjadi clash antara Amerika Serikat melawan Manuel Noriega yang berakhir dengan invasi Panama tahun 1989. Guillermo Endara, yang menang pemilu sebelumnya, lalu dianulir Noriega, duduk sebagai presiden.
Sistem kepartaian Panama multipartai. Tidak ada partai yang berbasiskan gender, agama, ras, atau doktrin tak demokratis seperti komunis dan sosialisme diizinkan berdiri.



Republik Dominika

Nama resmi: Dominican Republic [Republica Dominicana]
Ibukota: Santo Domingo de Guzman.
Bahasa resmi: Spanyol.
Luas wilayah: 48.442 km2.
Populasi: 10.219.630 orang.
Etnis: Campuran 73%, White 16%, Black 11%.
Agama: Katolik Roma 95%, lainnya 5%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Republik Dominika terdiri atas 31 propinsi dan 1 National District. Setiap propinsi dipimpin seorang gubernur yang diangkat oleh pemerintah pusat. Republik Dominika terdiri atas 31 propinsi dan 1 distrik. Ke-31 propinsinya adalah: Azua, Bahoruco, Barahona, Dajabon, Duarte, El Seibo, Elias Pina, Espaillat, Hato Mayor, Independencia, La Altagracia, La Romana, La Vega, Maria Trinidad Sanchez, Monsenor Nouel, Monte Cristi, Monte Plata, Pedernales, Peravia, Puerto Plata, Salcedo, Samana, San Cristobal, San Jose de Ocoa, San Juan, San Pedro de Macoris, Sanchez Ramirez, Santiago, Santiago Rodriguez, Santo Domingo, dan Valverde. Sementra itu, ke-1 distriknya adalah Distrito Nacional.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan. Dalam menjalankan administrasi publik, presiden menunjuk Sekretaris Negara. Presiden mengangkat dan memberhentikan anggota kabinet.
Parlemen: Bikameral (parlemennya bernama Congreso Nacional terdiri atas Senates/Senados + Chamber of Deputies/House of Representatives/Camara de Diputados). Pada senados, terdiri atas 32 kursi dengan mana seorang senator mewakili 1 propinsi untuk masa bakti 4 tahun. Jumlah anggota Camara de Diputados adalah pemilu proporsional 183 kursi dengan masa bakti 4 tahun.
Anggaran pertahanan:
Republik Dominika terletak di pusat dan timur pulau Hispaniola. Itulah tanah yang pertama kali disinggahi Columbus tahun 1492. Setelahnya, Spanyol berhasil menyingkirkan penduduk asli dan menggantikannya dengan impor besar-besaran budak Afrika. Orang-orang Haiti adalah yang pertama melepaskan diri dari Perancis. Awal abad ke-19 Haiti menaklukan seluruh Hispaniola. Pada 1844, Juan Pablo Duarte membebaskan bagian timur wilayah Haiti dan mendirikan Republik Dominika, yang terjadi tanggal 27 Februari 1844. Dari tahun 1861 hingga 1865, secara sukarela orang-orang Dominika mau menjadi bagian Imperium Spanyol. Karena terus ontran-ontran 1 tahun, Amerika Serikat pun menduduki Republik Dominika antara 1916 hingga 1924. Selama 3 dekade, diktator Rafael Trujillo memerintah negara ini. Pada 1960an, sejumlah kudeta militer terjadi. Tahun 1966, Joaquin Balaguer terpilih menjadi presiden lewat pemilu bebas. Sejah tahun itu, konsitusi yang berlaku saat ini diberlakukan. Balaguer mampu melakukan sejumlah perubahan secara dama di Republik Dominika.
Sistem kepartaian multipartai. Tetapi partai sifatnya mengacu pada figur, bukan program.




Dominica 

Nama resmi: Commonwealth of Dominica .
Ibukota: Roseau.
Bahasa resmi: Inggris, Patois Perancis.
Luas wilayah: 751 km2.
Populasi: 73.286 orang.
Etnis: Black 86,8%, campuran 8,9%, Amerindian Karibia 2,9%, White 0,8%, lainnya 0,7%.
Agama: Katolik Roma 61,4%, Protestan 20,6% (Adven Hari Ketujuh 6%, Pantekosta 5,6%, Baptis 4,1%, Methodis 3,7%, Gereja Tuhan 1,2%), Saksi Yehova 1,2%, Kristen lainnya 7,7%, Rastafarian 1,3%, lainnya tidak spesifik 1,6%, tidak beragama 6,1%.
Jenis kekuasaan: Republik
Bentuk negara: Kesatuan. Dominika terdiri atas 10 parish, yaitu: Saint Andrew, Saint David, Saint George, Saint John, Saint Joseph, Saint Luke, Saint Mark, Saint Patrick, Saint Paul, dan Saint Peter.
Sistem Pemerintahan: Presidensil. Presiden adalah kepala negara. Ia dipilih oleh parlemen untuk masa bakti 5 tahun. Otoritas eksekutif ada di tangan presiden kendati dalam pelaksanaannya membutuhkan bimbingan dan saran dari kabinet. Presiden mengangkat Perdana Menteri berdasarkan mayoritas di parlemen serta (berdasarkan persetujuan PM) mengangkat menteri-menteri dari komposisi suara hasil Pemilu.
Parlemen: Unikameral (House of Assembly). Anggota ada 32 orang, dengan ketentuan 21 dipilih dan 9 dianggap sebagai senator (dari 9 yang dianggap senator ini, 5 orang diangkat oleh perdana menteri, sementara 4 orang oleh pimpinan oposisi), 1 juru bicara yang dipilih dari bukan anggota parlemen dengan tanggung jawab menyelenggarakan manajemen dan administrasi umum parlemen, serta 1 orang ex-officio Clergy Parlemen.
Anggaran pertahanan:
Pulau Dominika awalnya dihuni penduduk asli dari suku Arawak, yang kemudian terusir oleh Carib pada abad ke-14. Tahun 1635 Perancis mengklaim hak milik atas Dominika. Segera, misionaris Perancis menjadi penduduk Eropa pertama di Dominika. Inggris dan Perancis menyepakati pulau Dominika netral selama seabad. Namun, rivalitas Inggris dan Perancis kembali menunjukkan keserakahannya. Tahun 1763 Inggris mendirikan dewan legislatif yang mewakili kaum kulit putih. Tahun 1831, muncul gagasan perwakilan bagi non kulit putih. Tahun 1865, kantor kolonial mengganti dewan terpilih dengan jenis baru, setengah anggota dipilih, setengah lainnya diangkat. Dominika lalu menjadi bagian dari Leeward Island Federation. Pemerintahan Kerajaan kembali ditegakkan pada 1896. Paruh pertama abad ke-20, Dominika ditransfer dari Leeward Island Administration untuk diperintah lewat Windward Islands hingga 1958 saat ia bergabung dengan West Indies Federation. Setelah federasi bubar, Dominika menjadi negara asosiasi dengan Inggri pada 27 Februari 1967, dan di tanggal itulah Dominika mulai mengurus urusan rumah tangganya sendiri. Pada 3 November 1978 berdiri Persemakmuran Dominika, dan diberkati kemerdekaan oleh Inggris.
Sistem kepartaian ... menunggu data






Saint Kitts and Nevis 

Nama resmi: Saint Kitts and Nevis [Federation of Saint Kitts and Nevis]
Ibukota: Basseterre.
Bahasa resmi: Inggris (resmi)
Luas wilayah: 261 km2.
Populasi: 51.134 orang.
Etnis: Mayoritas Black, juga ada Inggris, Portugis, dan Lebanon.
Agama: Anglikan, varian Protestan, dan Katolik Roma.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Kepala negara adalah Ratu Elizabeth II (Inggris). Diwakili oleh Gubernur Jenderal Sir Edmund Lawrence.
Bentuk negara: Federasi. Saint Kitts and Nevis terdiri atas 14 parish, yaitu: Christ Church Nichola Town, Saint Anne Sandy Point, Saint George Basseterre, Saint George Gingerland, Saint James Windward, Saint John Capesterre, Saint John Figtree, Saint Mary Cayon, Saint Paul Capesterre, Saint Paul Charlestown, Saint Peter Basseterre, Saint Thomas Lowland, Saint Thomas Middle Island, dan Trinity Palmetto Point.
Sistem Pemerintahan: Parlementer. Kabinet diangkat oleh Gubernur Jenderal setelah berkonsultasi dengan Perdana Menteri. Perdana Menteri dibantun oleh Deputi Perdana Menteri.
Parlemen: Unikameral (National Assembly). Parlemen terdiri atas 14 kursi, dengan mana 3 diangkat oleh Gubernur Jenderal dan 11 dipilih lewat Pemilu single member constituency. Masa bakti anggota parlemen adalah 5 tahun.
Anggaran pertahanan:
Christopher Columbus singgah di Saint Kitts and Nevis tahun 1493 dan ditempati suku Carib yang suka perang. Ia menamainya Saint Christopher, yaitu santo patronnya. Terbelah akibat persaingan kolonial Inggris dan Perancis, Saint Kitts akhirnya diberikan pada Inggris. Nevis juga dilihat oleh Columbus 1493, dinamai demikian karena awan di atas pulau itu seperti salju (las nieves). Nevis dihuni Inggris tahun 1628. Pulau-pulau Saint Kitts, Nevis, dan Anguilla disatukan sebagai keresidenan dalam Leeward Islands Federation oleh federal act tahun 1882. Status ini bertahan hingga 1956. Ketiga pula berpartisipasi dalam West Indies Federation dari 1958 hingga 1962, tetapi gagal bernegosiasi dengan little eight yang terdiri atas Antigua and Barbuda, Barbados, Dominica, Montserrat, Saint-Kitts-Nevis-Anguilla, Saint Lucia, dan Saint Vincent and the Grenadines, dan bubar pada 1966. Sejak itu Saint Kitts-Nevis-Anguilla bersama koloni-koloni kecil Karibia lainnya menerima tawaran Inggris untuk status negara pada 27 Februari 1971 yang menempattkan Anguillah langsung di bawah Inggris. Saint Kitts and Nevis menikmati semua otonomi pemerintahan, kecuali hubungan luar negeri dan pertahanan. Pada 10 Februari 1976, Anguilla diberkahi konstitusi dan penyatuannya dengan Saint Kitts and Nevis pada 1980. Saint Kitts and Nevis menjadi merdeka tanggal 19 September 1983. Pada Agustus 1998 pemungutan suara di Nevis untuk berpisah dengan Saint Kitts gagal menemukan suara 2/3 suara yang disyaratkan.
Saint Kitts and Nevis bersistem kepartaian multipartai.



Saint Lucia Nama resmi: Saint Lucia .

Ibukota: Castries.
Bahasa resmi: Inggris (resmi), Patois Perancis.
Luas wilayah: 619 km2.
Populasi: 162.781 orang.
Etnis: Black 82,5%, campuran 11,9%, India Timur 2,4%, lainnya dan tidak spesifik 3,1%.
Agama: Katolik Roma 67,5%, Protestan 18,2% (Adven Hari Ketujuh 8,5%, Pantekosta 5,7%, Anglikan 2%, Evangelis 2%), Kristen lainnya 5,1%, Rastafarian 2,1%, lainnya 1,1%, tidak spesifik 1,5%, tidak beragama 4,5%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Saint Lucia adalah anggota persemakmuran Inggris. Kepala negara resmi adalah monark Inggris. Dalam keseharian, monark diwakili oleh Gubernur Jenderal. Tugas Gubernur Jenderal adalah mengangkat Perdana Menteri dan para deputi Perdana Menteri, berikut mengangkat para menteri berdasarkan saran Perdana Menteri.
Bentuk negara: Kesatuan. Negara ini dibagi ke dalam 11 kuarter.Masing-masing kuarter merupakan wilayah administrasi. Kuarter-kuarter tersebut adalah: Anse-la-Raye, Castries, Choiseul, Dauphin, Dennery, Gros-Islet, Laborie, Micoud, Praslin, Soufriere, dan Vieux-Fort.
Sistem Pemerintahan: Parlementer. Perdana Menteri umumnya ketua partai yang menang Pemilu.
Parlemen: Trikameral (The Queen + Senate + House of Assembly). House of Assembly terdiri atas 17 orang yang dipilih lewat Pemilu. Senat terdiri atas 11 orang yang diangkat, dengan ketentuan 6 orang diangkat berdasarkan saran Perdana Menteri, 3 orang atas usulan pimpinan oposisi, dan 2 orang setelah dilakukan konsultasi dengan pimpinan kelompok ekonomi, agama, dan sosial.
Anggaran pertahanan:
Saint Lucia adalah pulau terbesar kedua di wilayah Brittish Lesser Antilles. Ia berlokasi utama di pusat rantai Windward Island. Penduduk aslinya adalah Arawak Amerindian, yang menghuni sejak abad ke-3 masehi, dan kemudian Carib mengambil alih. Carib ini adalah suku Karibia yang doyan berperang. Pulau ini lalu terlihat oleh orang-orang Spanyol pada dekade pertama abad ke-16. Spanyol gagal mengkoloni, dan pulau ini cenderung otonom hingga pertengah abad ke-17 saat ia disabet oleh raja Perancis dan diberikan pada French West India Company tahun 1642. Pulau ini berganti-ganti kepemilihan sebanyak 14 kali antara Inggris dan Perancis. Akhirnya, Saint Lucia adalah di bawah kekuasaan Inggris 1815 dan diadministrasi sebagai koloni Inggris dan bagian dari British Windward Islands. Pulau ini menjadi provinsi selama Federasi Hindia Barat dari 1958 hingga 1962. Ia diberkahi self government tahun 1967 dan memperoleh kemerdekaan penuh atas berkah Inggris tanggal 22 Februari 1979.
Sistem kepartaian Saint Lucia multipartai, dengan 3 partai utama.



Saint Vincent and the Grenadines 

Nama resmi: Saint Vincent and the Grenadines. Ibukota: Kingstown.
Bahasa resmi: Inggris, Patois Perancis.
Luas wilayah: 389 km2.
Populasi: 103.220 orang.
Etnis: Black 66%, campuran 19%, India Timur 6%, Eropa 4%, Amerindian-Karibia 2%, lainnya 3%.
Agama: Protestan 75% (Anglikan 47%, Methodis 28%), Katolik ROma 13%, lainnya (termasuk Hindu, Advent Hari Ketujuh, Protestan lainnya) 12%.
Jenis kekuasaan: Monarki Konstitusional. Monark Inggris adalah kepala negara. Ia lalu mengangkat Gubernur Jenderal sebagai wakilnya. Gubernur Jenderal bertindak atas nama monark tetapi harus lewat persetujuan kabinet kementerian. Gubernur Jenderal mengangkat Senator, Perdana Menteri, dan pimpinan oposisi.
Bentuk negara: Kesatuan. Negara ini terdiri atas pulau Saint Vincent dan sejumlah pulau kecil yang disebut Grenadines. Negara ini terbagi ke dalam 6 parish yaitu: Charlotte, Grenadines, Saint Andrew, Saint David, Saint George, dan Saint Patrick.
Sistem Pemerintahan: Parlementer
Parlemen: Unikameral (House of Assembly). Untuk House of Assembly terdiri atas 21 kursi, dengan mana 15 dipilih dan 6 adalah senator yang ditunjuk. Masa bakti parlemen adalah 5 tahun.
Anggaran pertahanan:
Saint Vincent and the Grenadines ditemukan Christopher Columbus tahun 1498. Lalu tahun 1763 ia menjadi koloni Inggris hingga kemerdekaannya 27 Oktober 1979. Dewan perwakilan pernah dibentuk tahun 1776, dan pemerintahan koloni kerajaan dibentuk tahun 1877, dan dewan legislatif dibentuk 1925. Sejak 1838 Saint Vincet merupakan bagian dari British West Indies dengan pemerintahan otonom internal. Empat tahun kemudian, Saint Vincent menjadi terpisah dari ketergantungan mereka atas Inggris, dengan status negara asosiasi Inggris. Pada 27 Oktober 1978 Saint Vincent menjadi negara merdeka atas berkah Inggris dan bergabung ke dalam persemakmuran Inggris.
Sistem kepartaian Saint Vincent and the Grenadines bercorak pluralistik, dengan 2 partai utama yaitu Unity Labor Party (ULP) yang memenangkan 12 dari 15 kursi parlemen. Saingannya New Democratic Party (NDP) menguasai sisanya.



Trinidad and Tobago 

Nama resmi: Trinidad and Tobago [Republic of Trinidad and Tobago]
Ibukota: Port of Spain.
Bahasa resmi: Inggris (resmi), Karibia-Hindustan (dialek Hindi), Perancis, Spanyol, dan Cina.
Luas wilayah: 5.128 km2.
Populasi: 1.225.225 orang.
Etnis: India (Asia Selatan) 40%, Afrika 37,%, campuran 20,5%, lainnya 1,2%, tidak spesifik 0,8%.
Agama: Katolik Roma 26%, Protestan 25,8% (terdiri atas Anglikan 7,8%, Baptis 7,2%, Pantekosta 6,8%, Advent Hari Ketujuh 4%), Hindu 22,5%, Islam 5,8%, Kristen lainnya 5,8%, lainnya 10,8%, tidak spesifik 1,4%, tidak beragama 1,9%.
Jenis kekuasaan: Republik.
Bentuk negara: Kesatuan. Trinidad and Tobago terdiri atas 9 region, 3 borough, 2 kota, dan 1 ward. Ke-9 region adalah: Couva (juga disebut Tabaquite atau Talparo), Diego Martin, Mayaro (juga disebut Rio Claro), Penal (juga disebut Debe), Princes Town, Sangre Grande, San Juan (juga disebut Laventille), Siparia, dan Tunapuna (juga disebut Piarco). Ke-3 borough adalah: Arima, Chaguanas, dan Point Fortin. Ke-2 kotanya adalah Port of Spain dan San Fernando. Ke-1 wardnya adalah Tobago.
Sistem Pemerintahan: Parlementer. Kepala negara adalah presiden. Kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Kabinet diambil dari komposisi parlemen. Presiden dipilih lewat electoral college yang terdiri atas anggota Senat dan House of Representatives. Presiden terpilih lalu mengangkat perdana menteri berdasarkan komposisi suara di dalam parlemen. Masa bakti presiden adalah 5 tahun.
Parlemen: Bikameral (Senate + House of Representatives). Senat terdiri atas 31 kursi (16 diangkat oleh partai berkuasa, 9 oleh Presiden, 6 oleh partai oposisi) dengan masa tugas maksimum 5 tahun. House of Representatives terdiri atas 41 kursi yang semuanya dipilih langsung lewat Pemilu dengan masa bakti 5 tahun.
Anggaran pertahanan:
Trinidad dan Tobago menyatu sebagai entitas tunggal pada 1889 saat Tobago menjadi penjaga Trinidad. Ekonomi kedua pulau bersandar pada perkebunan gula dengan budak Afrika sebagai pekerjanya. Sejarah Trinidad dan Tobago ternyata berlainan. Trinidad dikoloni Spanyol lebih dari 300 tahun, sebelum beralih menjadi koloni Inggris pada 1802. Saat perbudakan dihapus pada 1834-1838, sejumlah besar kaum pekerja Indian dari utara bekerja di perkebunan, menggantikan budak lama. Visibilitas dua etnik Indian dan kulit hitam ini masih tampak hingga sekarang. Tobago berpindah tangan berulang kali antar sejumlah negara Eropa berbeda dan secara akhir dikoloni Inggris pada 1814. Di waktu itu, dewan legislatif sudah ada beranggotakan sejumlah kecil pemilik tanah. Dewan ini dihapuskan tahun 1877. Saat kedua pulau bersatu tahun 1890, mereka menjadi koloni kerajaan Inggris. Mereka diperintah oleh gubernur atas nama monarki dengan kekuasaan otokratik virtual dan dewan legislatif yang sepenuhnya diangkat kerajaan Inggris. Langkah pertama menunjuk swakelola terjadi tahun 1925, saat pemilihan terbatas sejumlah kursi di dewan legislatif dilangsungkan. Hak pilih berdasarkan properti dan pemilih sangat sedikit. Pemilu pertama dengan hak pilih luas terjadi tahun 1946. Sejak 1958 hingga 1962 Trinidad and Tobago turut membentuk West Indies Federation yang bertujuan menyatukan 10 pulau koloni Inggris di Karibia agar bisa lebih menentukan diri sendiri. Saat West Indies Federation bubar tahun 1962, Trinidad and Tobago mencapai kemerdekaannya di bawah Monarki Inggris dalam persemakmuran Inggris. Tahun 1976 konsitusi terakhir beralku. Trinidad dan Tobago menjadi Republik.
Sistem kepartaian Trinidad dan Tobago pluralistik. Partai politik terbentuk di sepanjang garis etnis, merefleksikan pembagian masyarakat. Ada 2 partai yang hadir di House of Representatives yaitu People's National Movement (PNM) yang didominasi orang-orang Afro-Trinidad, dan United National Congress (UNC) yang didominasi Indo-Trinidad.


Untuk keterangan mengenai jenis kekuasaan, bentuk negara, sistem pemerintahan, dan parlemen silakan lihat di artikel ini.

Lihat juga:

Pengertian Jenis Kekuasaan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Timur Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Barat Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Selatan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Asia Selatan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Asia Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Amerika Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Afrika Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Afrika Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara-negara Kawasan Amerika Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka
Negara-negara Kawasan Amerika Latin Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka
Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Negara-negara Timur Tengah
Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Negara-negara Kawasan ASEAN

----------------------------------

Referensi

Gerhard Robbers, Encyclopedia of World Constitutions (New York: Facts on File Inc., 2007).
Matthew Sögard Shugart, “Comparative Executive-Legislative Relations” dalam R.A.W. Rhodes, Sarah A. Binder, and Bert Rockman, eds., The Oxford Handbooks of Political Institutions (New York: Oxford University Press, 2006.

tags:

bentuk negara sistem pemerintahan antigua and barbuda bahama barbados belize el salvador grenada guatemala haiti honduras jamaika kosta rika kuba nikaragua panama republik dominika saint christopher and nevis saint lucia saint vincent and the grenadies trinidad and tobago
Reactions

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Mantap tapi tolong ditambah dgn kepdatan penduduk nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Insya'Allah apabila saya ada keluangan waktu.

      Hapus
  3. Makasih klo bisa ditambah kepadatan penduduknya makasih

    BalasHapus
  4. Terima kasih karena telah membagi wawasannya

    BalasHapus

Anonim pun dapat berkomentar. Namun, tentu saja dengan akun pun sangat dipersilakan. Jika sudah klik Publikasikan. Juga pemirsa boleh bersoal/sharing tanggapan. Komentar pemirsa tentu tidak berisi kata atau link yang merujuk pada p*rn*grafi, jud*, *ogel, kekerasan, atau sejenisnya. Terima kasih.